Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, November 18, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Jadi Ajang Promosi, Harjanto: Ecobrick Sangat Menguntungkan
  • Follow Us!

Jadi Ajang Promosi, Harjanto: Ecobrick Sangat Menguntungkan 

BERITA SEMARANG – Direktur Marifood, Harjanto Halim menyampaikan, bahwa universitas dan industri bisa bersinergi dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Bagaimana agar kegiatan itu bisa berlangsung lama, yaitu harus memperhatikan kepentingan dari industri maupun kepentingan dari pemakai produk.

Demikian disampaikannya usai kegiatan Seminar Nasional hasil pengabdian kepada masyarakat yang bertema ‘Keterlibatan Sinergis Perguruan Tinggi Dalam Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat’ yang digelar di Gedung Thomas Aquinas lantai 3 Unika Soegijapranata Semarang, Rabu (18/9/2019).

Halim mencontohkan ecobricks yang sudah dilakukan selama ini menguntungkan. “Ecobrick yang kami lakukan ternyata buat kami menguntungkan, karena bisa untuk ajang promosi juga,” ucapnya.

Supaya universitas bisa berperan, menurutnya bisa ikut membantu bikin modul edukasinya, bagaimana kegiatan ini bisa dikenalkan ke semua lembaga-lembaga, baik lembaga pendidikan maupun lembaga sosial lainnya.

“Ini peran universitas bisa masuk melalui sana, tadi juga ada pertanyaan apa yang harus bisa dimanfaatkan setelah jadi botol ecobricks. Nah di universitas ada fakultas desain dan lain-lain, mereka juga bisa berperan,” ungkap Halim.

Menurutnya, saat universitas mau melakukan kegiatan, baik riset maupun pengabdian masyarakat,  mereka harus mendengar apa yang menjadi masukan dari pelaku usahanya.

“Kalau kita bisa mengurangi sampah plastic itu malah menguntungkan, namun bagaimana mengurangi itu tidak berdampak pada komersial,” imbuhnya. “Saat ini industry plastikpun mulai berfikir bagaimana mereka memproduksi plastic yang ramah lingkungan,” kata sambungnya.

Yang perlu disadari, lanjut Halim, jika plastic dibuang sampai di jalanan, ke sungai atau ke laut sangat berbahaya. Namun sebelum berbahaya plastic sangat bermanfaat.

“Supaya tidak berbahaya harus dikelola. Dengan ecobrik ini adalah salah satu cara mengedukasi masyarakat bagaimana sampah (plastic) jangan sampai dibuang sembarangan,” terangnya.

Yang terpenting, kata Halim,  ada ketegasan dari Pemerintah. Bahwa buang sampah sembarangan harus diberi sangsi, sangsi harus ditegakkan.

Selain Harjanto Halim, hadir Narasumber lain pada Seminar tersebut, Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan, Dr. Bambang Suprakto, dan Guru Besar FTP Unika, Prof. Dr. Budi Widianarko. (Nining)

Biro Semarang

Comments

comments