Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Februari 23, 2020
Halaman Home » TNI » Danyonarhanud 15 DBY Gelar Pemeriksaan Kendaraan Anggota
  • Follow Us!

Danyonarhanud 15 DBY Gelar Pemeriksaan Kendaraan Anggota 

BERITA SEMARAMG – Usai pelaksanaan upacara bendera 17 Januari 2020, Danyonarhanud 15 DBY langsung memimpin gelar apel pemeriksaan kendaraan dinas dan kendaraan pribadi milik anggota di halaman kantor Angkutan Yonarhanud 15 DBY, Jumat (17/1/2020).

Selain memeriksa kondisi fisik, kelengkapan surat-surat dan kelayakan kendaraan dinas dan pribadi, pemeriksaan juga diprioritaskan untuk pengecekan kelengkapan pribadi prajurit, kerapian pribadi, dan pendataan kelengkapan administrasi kendaraan dinas satuan.

“Ini merupakan upaya satuan dalam pengamanan personel dan materiil untuk mencegah pelanggaran/kecelakaan lalu lintas, serta pengecekan kelayakan kendaraan dinas mulai dari kondisi kendaraan hingga kelengkapan surat-surat harus lengkap, seperti STNK kendaraan dinas/pribadi, SIM C TNI/umum dan KTA,” ungkap Danyon.

Sementara untuk pemeriksaan sendiri meliputi kelengkapan fisik kendaraan dinas dan kendaraan pribadi seperti spion, lampu, plat nomor kendaraan, nomor rangka mesin, lampu sen, dan helm standart TNI AD harus dilengkapi, kemudian kelengkapan fisik kendaraan dicocokkan dengan surat-surat kendaraan dan identitas pemegang kendaraan dinas.

Menurutnya, kegiatan pengecekan kelengkapan surat-surat kendaraan dan perlengkapan kendaraan dilaksanakan rutin setiap enam bulan sekali. “Ini merupakan salah satu bentuk pengawasan satuan, diharapkan dengan pengecekan yang terus berkesinambungan dapat mengurangi dan menghindarkan personel dari terjadinya pelanggaran dan kecelakaan dalam berlalu lintas,” terangnya.

Danyon tegaskan, kegiatan pemeriksaan surat-surat kendaraan ini wajib dilaksanakan sebagai fungsi kontrol kepada anggota agar tidak terjadi pelanggaran lalu lintas yang merugikan anggota itu sendiri. 

Diharapkan setelah digelarnya kegiatan pemeriksaan tersebut, para personel dapat lebih meningkatkan lagi kesadaran akan pentingnya kelengkapan dan surat-surat kendaraan bermotor. (Nining)

Biro Semarang

Comments

comments