Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Januari 29, 2020
Halaman Home » Bekasi Kota » Potong Kambing Jadi Tradisi Majlis Dzikir Halqoh El-Istighotsah
  • Follow Us!

Potong Kambing Jadi Tradisi Majlis Dzikir Halqoh El-Istighotsah 

BERITA BEKASI – Pemotongan hewan kambing merupakan suatu tradisi bagi Majlis Dzikir Halqoh El-Istighotsah yang berada di Kabupaten Bekasi yang keberadaanya terletak di Desa Karangraharja Kecamatan Cikarang Utara. Tradisi ini merupakan dilakukan pada setiap Event Pengajian yang diselenggarakan pada satu bulan sekali yang digelar di halaman Yayasan Pondok Pesantren Halqoh El-Istighotsah.

Majlis Dzikir yang dinaungi lembaga Yayasan Pondok Pesantren Halqoh El-Istighotsah, sangat eksis dalam perjuangan keagamaan, mulai dari pendidikan agama, hingga pergelaran keagamaan yang diselenggarakan rutin setiap bulan di Minggu pertama.

Pemotongan hewan Kambing atau pun Domba merupakan bagian ciri khas yang ada di Majlis ini, hewan kambing atau pun domba yang disembelih sebelum terselenggaranya acara merupakan bagian dari amanah yang sudah diberikan oleh warga untuk menggugurkan kewajibannya dalam beraqiqah anaknya yang baru lahir di dunia ini.

Haji Boby Agus Ramdan merupakan Ketua Majlis Dzikir Halqoh El-Istighotsah menilai bahwa Hewan Aqiqah ini merupakan Rezeki atau pun amanah yang telah diberi Allah SWT.

“Yaa,  betul pada setiap bulan di Minggu pertama kami selalu adakan pengajian rutin bulanan di halaman Yayasan Pondok Pesantren Halqoh El-Istighotsah, tentunya kami selalu mengundang jamaah yang dari mana pun untuk hadir di tempat kami, dengan adanya titipin hewan aqiqah ini merupakan rezeki bagi kami, bagaimana jamaah yang sudah hadir perlu kita beri konsumsi makanan setelah acara selesai dengan menyantap makan malam dengan lauk daging hasil hewan aqiqah,” kata H. Boby biasa disapa Jibob kepada Beritaekspres.com, Sabtu (7/12/2019).

Tak sedikit Majlis ini mendapatkan kepercayaan warga dan para jamaah dalam menerima hewan Aqiqah, setidaknya pada setiap bulannya selalu ada yang menitipkan hewan Aqiqah kepada Majlis ini.

“Hehehe, Alhamdulillah ya kalo ke situ kita yakinnya ini rezeki aja dari Allah SWT, memang kadang pada setiap bulan kadang 10 ekor bahkan lebih bisa kita potong dan kita masak untuk para jamaah setelah pengajian selesai, kadang juga hanya satu atau pun dua ekor saja, yaa itu semua dikembalikan kepada rezeki kita yg sudah kita dapat,” sambung Jibob.

Jibob menambahkan, dengan adanya pengajian ini Ketua Majlis pun berharap agar masyarakat lebih minat datang ke acara ke agamaan, agar selalu dekat dengan Ulama demi persatuan hidup bermasyarakat dengan baik dan lebih indah. (Usan)

Comments

comments