Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Desember 8, 2019
Halaman Home » Bekasi Kota » Camat Cikarang Utara Gelar Musrenbangdes Tahun 2020
  • Follow Us!

Camat Cikarang Utara Gelar Musrenbangdes Tahun 2020 

BERITA BEKASI – Camat Cikarang Utara, Muchlis menyampaikan, permohonan maaf atas keterlambatan acara Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun anggaran 2020, Desa Karangraharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Muchlis juga menyampaikan, semalam, mendapatkan informasi bahwasanya, Desa Waluya terdapat genangan air. Ia pun segera merintahkan Kepala Desa (Kades) untuk mengambil langkah agar genangan air tersebut segera diatasi dengan cara penyedotan air.

“Alhamdulillah, sekarang sedang dilakukan atau proses penyedotan,” kata Muchlis dalam sambutan pengantarnya di Musrembangdes yang digelar di Aula Desa Karangraharja, Selasa (3/12/2019).

Muchlis menjelaskan, Musrenbangdes dilaksanakan sekali dalam setahun. Kali ini, untuk tahun 2020. Hasil Musrembangdes tahun lalu, untuk Kecamatan Cikarang Utara dialokasikan anggaran sebesar Rp118 miliar terbagi dari kegiatan-kegiatan yang ada di desa dengan jumlah 11 desa.

“Dari kegiatan-kegiatan tersebut, Alhamdulillah pengalokasian Rp118 miliar ini kebanyakan dari dinas teknis terkait ada pembangunan sekolah rehab, ruang kelas baru kemudian ada jembatan yang nilainya Rp6 miliar di Mangunharja kemudian Tanjungsari itu ada rencana alun alun. Alun alun Ibu Kota Kabupaten Bekasi nanti akan ada di Tanjungsari,” jelasnya.

Dikatakan Muchlis, Desa Karangraharja ini ada tiga perumahan besar yang semuanya belum serah terima. Pasarana, sarana, utilitas (PSU) perumahan tersebut belum di serah terimakan kepada pemerintahan daerah. Artinya, pemeliharaan terhadap PSU masih menjadi tanggung jawab pengembang.

“Saya minta pemerintahan desa untuk menyurati pengembangnya agar semua PSU yang ada prasarana, terutama jalan dan saluran, kita minta mereka untuk memelihara memfungsikan sebagai mana fungsinya, terutama saluran air yang ada, yang rusak agar segera diperbaiki,” tegasnya.

Kemudian lanjutnya, dana desa nanti saya harapkan juga nanti penggunaannya kalau memang pisiknya sudah berkurang coba kedepanya direncanakan kegiatan kegiatan yang sifatnya pemberdayaan.

“Pemberdayaan di jaman sekarang sebenarnya sudah gampang tinggal buka google coba liat desa yang terbaik dalam penggunaan dana desa dalam pemberdayaan itu akan muncul kita tinggal amati, tiru, modifikasi (ATM) dan tentunya kita sesuaikan dengan adat istiadat kebiasaan dan kebutuhan yang ada di tempat kita. Dan jangan lupa juga untuk sarana ibadah kita ada pesantren di sini apa yang kita lakukan sarana dan prasarananya,” harap Muchlis.

Masih kata Muchlis, menjelang Pilkades 2020 mendatang, sepanduk bakal calon (Balon) Kepala Desa Karangraharja sudah mulai banyak dan berdiri berdampingan dan itu sebagai bentuk atau sebagai wujud bahwa masyarakat Karangraharja ini memang kompak.

“Saya berharap kondisi yang sudah sejuk akan tetap kita jaga namun pastinya nanti akan menjelang pasti akan hangat, itu bukti bahwa kita dinamis bergerak yang penting kita jaga jangan sampai menjadi panas,” ungkapnya.

Ditambahkan, Pj. Desa Karangraharja, Udin Wahyudin menyampaikan, dalam rangka Musrenbangdes Desa Karangraharja tahun 2019 untuk anggaran tahun 2021 di wilayah Desa Karangraharja ada 18 titik yang akan di laksanakan untuk anggaran pada tahun 2020 mendatang.

“Untuk rencana anggaran tahun 2020 mendatang di Desa Karangraharja ada 18 titik yang akan dilaksanakan. Semoga semua dapat berjalan lancar guna pengembangan pembangunan Desa Karangraharja,” tungkasnya.

Sebelum acara Musrenbangdes di mulai, terlebih dahulu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Kabupaten Bekasi.

Selain Camat Cikarang Utara, Muchlis, Pj Kepala Desa Karangraharja, Udin Wahyudin,  turut hadir pengasuh Pondok Pesantren Halqoh El Istighotsah, KH A Hayatin Kauni, BPD dan anggotanya, aparatur desa, tokoh agama, Babinsa AD dan Khantimbmaspol, tokoh  masyarakat dan para tamu undangan. (Usan)

Comments

comments