Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Januari 19, 2020
Halaman Home » Bekasi Kota » Komunitas Batik Bekasi MoU Dengan Penyuluh Rohani Kristen Kota Bekasi
  • Follow Us!

Komunitas Batik Bekasi MoU Dengan Penyuluh Rohani Kristen Kota Bekasi 

BERITA BEKASI – Untuk pengembangan dalam usaha kerajinan Batik Bekasi perlahan mulai mendapat dukungan dari sejumlah stakeholder yang peduli untuk melestarikan busana tradisonal kebanggaan masyarakat Kota Bekasi ini. Salah satu dukungan itu diberikan kalangan Penyuluh Rohani Agama Kristen Kota Bekasi yang sepakat menjalin kerjasama dengan pihak Koperasi Produski Kombas (Komunitas Batik Bekasi).

Kerjasama ini terjalin melalui dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Penyuluh Rohani Agama Kristen Kota Bekasi dengan Koperasi Produksi Kombas di Sentra Produsen Batik Bekasi Kombas, Selasa (19/11/2019) siang.

Penandatanganan kerjasama ini disaksikan Ketua Bidang Pengembangan Kehidupan Perkotaan pada TWUP4 Kota Bekasi, Benny Tunggul, dan Kepala Bimas Kristen Kantor Kemenag Kota Bekasi M Manik.

Selain penandatanganan kerjasama, para Penyuluh Rohani Agama Kristen bersama para jemaat nasrani juga berkesempatan melakukan pelatihan cara membuat Batik Bekasi. Nampak antusiasme para jemaat nasrani saat belajar melukis motif khas Batik Bekasi pada media kain putih yang sudah disiapkan pihak Kombas.

Terkait adanya kerjasama ini, Benny Tunggul menyambut baik dukungan yang diberikan kalangam Penyuluh Rohani Agama Kristen di Kota Bekasi demi mengembangkan usaha kerajinan Batik Bekasi.

“Ini menjadi momentum yang baik untuk memasyarakatkan Batik Bekasi menjadi salah satu kekayaan daerah dan menjadi ikon dari perkembangan UMKM di Kota Bekasi,” ujarnya.

“Sebagai bagian dari masyarakat Kota Bekasi, kita semua wajib memberikan dukungan untuk melestarikan dan mempopulerkan Batik Bekasi. Bukan hanya sebagai konsumen, kalau perlu kita ikut menjadi bagian dari pengrajin Batik Bekasi, agar kekayaan daerah ini semakin memasyarakat di Kota Bekasi,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bimas Kristen Kantor Kemenag Kota Bekasi M Manik menyatakan kerjasama ini selaras dengan program kerja Bidang Bimas Kemenag Kota Bekasi.

“Selain wujud dukungan, ini juga menjadi bukti kebanggan masyarakat nasrani di Kota Bekasi terhadap Batik Bekasi, dan kami yakin masyarakat nasrani di Kota Bekasi bangga memakai Batik Bekasi,” paparnya.

Rasa bangga memiliki Batik Bekasi ini juga diungkapkan Penyuluh Agama Kristen Non ASN Kota Bekasi Djajang Buntoro.

“Menjadi satu kerinduan bagi saya bisa melihat setiap umat nasrani, jemaat gereja, dan pengelola sekolah nasrani yang ada di Kota Bekasi bangga memakai Batik Bekasi meski sehari dalam satu minggu. Kami bangga jadi warga Kota Bekasi dan kami bangga punya Batik Bekasi,” ulasnya.

“Hari ini juga kami membawa beberapa jemaat dari kalangan ibu-ibu dari Gereja Victori Indonesia Hope untuk kali kedua melakukan pelatihan cara membatik. Dengan memahami sendiri cara membuatnya, saya yakin mereka semakin bangga dan merasa ikut memiliki budaya Batik Bekasi ini, sekaligus ikut melestarikan kekayaan daerah yang menjadi kebanggan masyarakat Kota Bekasi ini,” tambah Djajang.

Sementara itu, Ketua Komunitas Batik Bekasi Barito Hakim Putra menyatakan optimis dengan adanya dukungan dari pihak Penyuluh Agama Kristen ini menambah motivasi bagi para pengrajin Batik Bekasi. “Ini artinya, upaya yang kita lakukan langkah demi langkah, step by step, mulai terlihat hasilnya, bukan hanya sebatas ikut melestatikan tapi masyarakat juga sudah ikut terlibat untuk ijut mengembangkan usaha kerajinan Batik Bekasi,” tegasnya.

“Kami tidak akan berhenti sampai disini. Tapi kami akan terus melakukan pengembangan dan mensyiarkan Batik Bekasi kepada seluruh kalangan masyarakat. Alhamdulillah makin lama respon masyarakat semakin antusias menerima Batik Bekasi,” ungkap Barito.

Dengan dukungan dari kalangan masyarakat, Barito mengungkapkan keyakinannya bahwa para pengrajin Batik Bekasi akan mampu berkembang secara mandiri, tidak melulu mengandalkan dukungan pemerintah daerah.

“Inilah salah satu manfaat kerjasama yang kami lakukan hari ini. Dukungan dari pemerintah daerah sudah sangat luar biasa, dan kini saatnya masyarakat juga ikut mengembangkan Batik Bekasi,” Pungkasnya. (Edo)

Comments

comments