Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Kamis, Desember 12, 2019
Halaman Home » Megapolitan » Ada, 3.958 Lowongan CPNS di Pemprov DKI
  • Follow Us!

Ada, 3.958 Lowongan CPNS di Pemprov DKI 

BERITA JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membuka lowongan sebanyak 3.958 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dua persen dari jumlah yang dialokasikan untuk penyandang cacat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Chaidir mengatakan, persetujuan itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

“Pemprov DKI menyetujui kesetaraan dan keadilan sosial. Terkait, bagi penyandang disabilitas untuk menjadi PNS,” katanya, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Chaidir menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta mengalokasikan 64 formasi untuk pelamar disabilitas saat lowongan CPNS tahun 2018 lalu dengan jumlah pelamar 45 orang.

“Setelah melalui seleksi, ada 23 penyandang disabilitas, baik tuna netra, tuna daksa, dan tuna rungu yang dinyatakan lolos sebagai CPNS,” terangnya.

Chaidir merinci, untuk kuota jumlah CPNS yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI berjumlah 3,958 CPNS terdiri dari Tenaga Kependidikan formasi 2.064, Formasi Tenaga Kesehatan 629, dan Formasi Tenaga Teknis atau Administrasi 1.265 formasi.

“Tahun ini sebetulnya Pemprov DKI meminta kebutuhan 7.176 formasi CPNS dan 11.370 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau P3K,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk formasi yang dibuka tahun ini terdiri dari tiga kategori yaitu, Umum, Cumlaude, dan Disabilitas.

“Pendaftaran pemilihan CPNS DKI Jakarta dibuka pada 11 hingga 25 November pukul 23.59,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan dan Pendayagunaan BKD Provinsi DKI Jakarta, Sogimun menuturkan, untuk persyaratan CPNS Pemprov DKI Jakarta untuk Warga Negara Indonesia (WNI), IPK minimal 2,70 untuk umum dan minimal 2,50 untuk disabilitas. Kemudian, meminjam 18-35 tahun dan memiliki nilai TOEFL minimal 400.

“Pendaftaran dilakukan secara online melalui sscasn.bkn.go.id. Untuk detail mengenai jenis formasi, persyaratan, tata cara pendaftaran, proses seleksi, dan ketentuan lain yang dapat dilihat pada situs web bkddki.jakarta.go.id,” tandasnya. BJ/Aldi Geri Lumban Tobing)

Comments

comments