Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Kamis, Desember 12, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Kapolda, Pastikan Keamanan Para Pelajar Papua di Jateng
  • Follow Us!

Kapolda, Pastikan Keamanan Para Pelajar Papua di Jateng 

BERITA SEMARANG – Sebanyak 107 dari 217 mahasiswa dan pelajar asal Papua yang pulang ke tempat asalnya terkait isu bahwa di Jawa Tengah tidak aman beberapa waktu lalu sudah kembali ke Jawa Tengah. Mereka yang sudah kembali ke Jawa Tengah menyerukan agar kawan-kawannya segera kembali ke Jawa Tengah.

Demikian disampaikan Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel saat kegiatan Cooffe Morning bersama awak media di Mapolda Jateng, Selasa (12/11/2019).

“Dari 217 yang sudah pulang beberapa waktu lalu, sudah 107 yang kembali ke Jawa Tengah. Para mahasiswa dan pelajar asal Papua tersebut tersebar di berbagai wilayah di Jawa Tengah,” ungkapnya.

Menurut Kapolda, berdasarkan pengakuan para mahasiswa yang sudah kembali untuk melanjutkan pendidikannya, mereka terlantar saat pulang ke kampung halamannya. “Mereka merasa dibohongi, saat pulang ternyata tidak ada yang mengurusi,” ujar Kapolda.

Dikatakan, setelah kembali lagi ke Jawa Tengah, para pelajar dan mahasiswa tersebut akan kembali menempuh pendidikan. Kapolda pun menjamin keamanan bagi para mahasiswa dan pelajar asal Papua dalam menempuh pendidikan.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda meyampaikan bahwa ada dua agenda penting dalam waktu dekat yang menjadi perhatian dari pihak Kepolisian, yakni HUT Komite Nasional Papua Barat dan Organisasi Papua Merdeka.

Kapolda menegaskan bahwa pihak Kepolisian akan mencegah berbagai upaya yang ingin memecah belah NKRI oleh kelompok-kelompok tertentu. (Nining)

Biro Semarang

Comments

comments