Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Desember 8, 2019
Halaman Home » Kriminal » Anggota Ranmor PMJ Bekuk Komplotan Garong Bawa Kabur Truk
  • Follow Us!

Anggota Ranmor PMJ Bekuk Komplotan Garong Bawa Kabur Truk 

BERITA JAKARTA – Jajaran Subdit 6 Ranmor Polda Metro Jaya membekuk pelaku pencurian 1 unit truk di Kawasan Ciracas, Jakarta Timur. Kelima pelaku, dibawa ke Polda Metro Jaya untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, Selasa (12/11/2019).

Kasubdit Penmas Polda Metro Jaya, AKBP Gede Nyeneng didampingi Kanit 2 Ranmor, Kompol Sujanto mengatakan, telah mengamankan satu unit truk hasil pencurian yang juga dijadikan barang bukti kejahatan dari kelima pelaku. 

“Kita amankan tersangka SR yang juga sebagai otak pencurian truk,” ujar Gede di Polda Metro Jaya.

Dijelaskan Gede, berawal dari tersangka SR yang menemukan kunci truk merk Mitsubishi yang terparkir di Kawasan Ciracas, Jakarta Timur.

“Tersangka SR ini menemukan kunci truk merek Mitsubishi disekitar truk tersebut yang sedang terparkir,” katanya.

Setelah kunci dicoba sambung Gede, ke truk tersebut ternyata cocok. Kemudian, tersangka SR langsung membawa kabur truk ke wilayah Sukabumi.

Sampai di Sukabumi, tersangka SR langsung menjual truk berwarna hitam tersebut ke orang yang tak dikenal berinisial D.

“Truk tersebut dijual ke tersangka D dengan harga Rp23 juta tanpa kelengkapan surat-surat,” ungkapnya.

Selanjutnya, tersangka D meminta tolong kepada AU dan AK untuk menjual truk tersebut. “Truk tersebut dijual kembali oleh D seharga Rp25 juta,” katanya.

Kemudian, AU dan AK mendapati H yang ingin membeli truk tersebut. H yang juga tinggal di Jakarta langsung melakukan transaksi pembelian truk tersebut. “Sudah kita amankan kelima tersangka yang ikut serta dalam pencurian ini,” jelas Gede.

Gede menambahkan, tersangka SR sudah beberapa kali melakukan aksi pencurian. “Selain pencurian truk, tersangka pernah melakukan pencurian mobil operasi kantor RCTI di Kebon Jeruk, Jakarta,” pungkasnya.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara dan Pasal 480 penadah dengan ancaman 4 tahun penjara. (Yon)

Comments

comments