Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, Oktober 14, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Pabrik Kelapa Sawit PT. Agro Andalan di Sekadau Kalbar Diresmikan
  • Follow Us!

Pabrik Kelapa Sawit PT. Agro Andalan di Sekadau Kalbar Diresmikan 

BERITA SEKADAU – Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Agro Andalan diresmikan. PKS yang beralamat di Desa Setawar Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat ini diresmikan, Bupati Sekadau Rupinus, Senin (8/10/2019) ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 5 kali dan penandatanganan prasasti.

Mukhlis Amirudin Pimpinan PT. Agro Andalan mengatakan, Pabrik kelapa sawit milik DSN Grup yang ke 8 yang dibangun 2018 dengan kafasitas 30 ton/jam. Peresmian PKS ini juva masih dalam rangka HUT DSN Grup ke-29 pada 29 September 2019 lalu.

“Kami harapkan dengan adanya PKS ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dan kepada pemerintah Kabupaten Sekadau,” harapnya.

Mukhlis menyebut bahwa PKS tersebut telah beroperasi lebih kurang sebulan yang lalu dan masih dalam rangka percobaan.

“Atas nama manajemen saya menyampaikan terimakasih yang sebesarnya kepada semua pihak baik pemerintah Kabupaten Sekadau, kontraktor dan masyarakat sehingga pembangunan PKS ini dapat selesai sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” ucapnya.

Kepala desa Setawar, Agus dalam sambutannya mengatakan, PT Agro Andalan masuk deaa Setawar sejak tahun 2007 lalu. Pada tanggal 23 Januari 2018 sebelum dibangunnya PKS milik PT. Agro Andalan, dilaksanakan acara adat.

Perkebunan PT. Agro Andalan kata Agus, berada di 7 desa. Bukan hanya di desa Setawar saja. “Terimakasih kepada pihak PT. Agro Andalan yang selama ini telah bekerjasama dengan baik dengan masyarakat khususnya di desa Setawar,” ucapnya.

Berkaitan dengan Perekrutan tenaga kerja di PKS PT. Agro Andalan ia mengatakan banyak masukan kepada pihaknya. Namun menurutnya, pihak PT. Agro Andalan dalam menerima karyawan sudah sesuai prosedur.

“Saya minta kepada masyarakat supaya memberikan saran dan masukan yang baik dan bermanfaat demi kemajuan kita bersama. Kepada PT. Agro Andalan, dengan adanya PKS ini semoga menjadi andalan bagi para petani, agar kami bisa maju tidak ketinggalan dengan daerah lain,” pesannya.

Masih berkaitan dengan perekrutan karyawan, Agus berharap kalau ada pekerjaan di PT. Agro Andalan kalau bisa pihak perusahaan melibatkan masyarakat. “Agar masyarakat kami tidak hanya menjadi penonton,” pintanya.

Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi, SIK mengucapkan selamat atas peresmian PKS PT. Agro Andalan. “Semoga pembangunan pabrik ini dan perkembangannya dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan untuk kita semua serta menunjang perekonomian khususnya bagi masyarakat desa Setawar,” ucapnya.

Kapolres mengatakan, terkait pembangunan PKS tentu Perusahaan punya kewajiban-kewajiban tidak hanya bertanggungjawab kepada perekonomian saja tapi juga terkait pembelajaran bagi masyarakat.

Hal lain terkait Karhutla Kapolres Sekadau mengimbau kepada masyarakat agar jangan membakar lahan secara serentak. “Kami selalu berusaha dan meminimalisir kabut asap karna asap sangat berbahaya dan berpengaruh bagi pertumbuhan anak-anak dan orang dewasa,” pesannya.

Bupati Sekadau, Rupinus dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada PT. Agro Andalan atas diresmikannnya PKS tersebut. “Kita dari pemerintah daerah sangat apresiasi dan mendukung dibangunnya PKS ini. Kita berharap pabrik ini harus memperhatikan masyarakat lokal. Kalau tenaga kerja (tenaga ahli) tersedia di daerah ini, tidak perlu bawa dari luar,” pesannya.

Selain itu sambungnya, tidak hanya soal ekonomi tapi juga proses pembelajaran, yang tadinya masyarakat tidak mengerti tentang kebun, tapi karna bekerja disini maka menjadi tau. “Saya berharap perusahaan bisa bermitra dengan masyarakat dan sebaliknya. Karna perusahaan tanpa lahan masyarakat juga tidak jalan,” ujar Bupati Rupinus.

Berkaitan dengan infrastruktur, Bupati Sekadau meminta kepada pihak perusahaan supaya merawat jalan. “Saya berharap perusahaan dan masyarakat hendaknya bersama-sama menjaga kelangsungan perusahan ini. Masyarakat juga supaya saling bersinergi dengan perusahaan,” harapnya.

Terakhir, Bupati Sekadau mengatakan, berkaitan dengan kafasitas pabrik 30 ton/jam tentu PT. Agro Andalan kekurangan produksi. Ini peluang bagi perkebunan mandiri. “Namun petani mandiri harus membuat surat daftar perkebunan (SDP) ke dinas terkait supaya perusahaan bisa menerima buah tersebut,” pesannya.

Selesai acara peresmian oleh Bupati Sekadau Rupinus, rombongan dan tamu undangan memasuki area PKS untuk meninjau PKS milik PT. Agro Andalan. Namun sebelum memasuki area pabrik, dilakukan pemotongan pita oleh Wakil Bupati Sekadau, Aloysius.

Hadir dalam acara ini, SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau, Forkompimda, Forkopimcam, para Kepala desa, Tokoh masyarakat, Tokoh adat, Tokoh agama dan Undangan. (As)

Biro Kalimantan Barat

Comments

comments