Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, Oktober 14, 2019
Halaman Home » Bekasi Kota » Dosen Bhayangkara Gelar Sosialisasi Siber Anak Panti Asuhan
  • Follow Us!

Dosen Bhayangkara Gelar Sosialisasi Siber Anak Panti Asuhan 

BERITA BEKASI – Sebagai salah satu tugas dan kewajiban mendidik generasi penerus bangsa yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sekaligus beriman dan bertakwa, dosen-dosen jurusan teknik informatika Universitas Bhayangkara Jaya, melakukan sosialisasi internet atau siber.

Kepada Beritaekspres.com, Dosen Bhayangkara, Koesdarnowo Hantoro mengatakan, sosialisasi itu, tentang penggunaan internet atau siber yang aman kepada anak-anak remaja khususnya kepada para siswa-sisiwi setingkat SMA, khususnya di Panti Asuhan Aisyiah beralamat di Jalan Ki Mangun Sarkoro No.45, Bekasi, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Saat ini sambungnya, peran Teknologi Informasi (TI) dan perkembangan penggunaan internet sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern, dimulai dengan hadirnya PC di perkantoran, warnet, perumahan dan sekolah.

“Era PC kemudian digantikan smartphone yang menjadi teman setia kita dimana saja dan kapan saja, termasuk ketika kita berpergian (mobile) tidak pernah ketinggalan, bahkan saat tidur,” kata Koesdarnowo, Senin (7/10/2019).

Diungkapkannya, jumlah pengguna mobile phone dunia mencapai 5,14 miliar dan pengguna Internet lebih dari 4 miliar. Sayangnya, perkembangan dunia hitam internet atau dark web malah lebih pesat, sehingga perlu memberikan peringatan dan tip-tip untuk berselancar di dunia siber dengan aman.

“Sebanyak, 87 juta data akun masyarakat dunia di Facebook atau FB, 1,1 juta akun dari Indonesia bocor dan dimanfaatkan oleh Cambridge Analytica untuk tujuan manipulasi kampanye pemilu Amerika (AS) pada tahun 2016,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Koesdarnowo, anak anak yang gemar posting di sosmed FB juga banyak menjadi korban phishing, bullying maupun social engineering oleh para predator memanfaatkan sosial media, email dan siber.

Peningkatan konten dark web tambah Koesdarnowo, atau dunia hitam dan deep web, dunia rahasia, jauh lebih cepat atau lebih dari 96 persen atau 7.9 zetabytes diakses dengan The Onion Router hidden service (TOR).

“Seperti pasar gelap, Silk Road untuk jual beli barang ilegal seperti senjata, virus, malware, ransomware, hitman, pornografi, narkoba,” pungkasnya. (Indra)

Comments

comments