Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, September 20, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Bahas Permasalahan Kota, 28 Walikota Berkumpul di Kota Bogor
  • Follow Us!

Bahas Permasalahan Kota, 28 Walikota Berkumpul di Kota Bogor 

BERITA BOGORSebanyak 28 kepala daerah dari berbagai wilayah di Tanah Air bakal mengikuti Mayor Caucus 2019 yang digelar di Balai Kota Bogor, Senin (9/9/2019). Acara merupakan pertemuan antar wali kota untuk mendiskusikan tantangan pembangunan perkotaan dan dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Hingga Minggu malam, sudah konfirmasi akan dihadiri oleh 28 kepala daerah se-Indonesia. Dikonfirmasi juga ada Kang Emil (Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat) yang akan hadir,” kata Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto.

Bima menambahkan, para kepala daerah itu akan mendiskusikan perankota dan kepemimpinan daerah dalam menyukseskan pencapaian tujuan-tujuan di dalam Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

“Garis besar diskusi nanti mencakup tantangan, langkah perbaikan, bentuk kolaborasi antar daerah yang paling sesuai, dan dukungan yang perlu diberikan dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” jelasnya.

Ada 11 TPB yang menjadi arah diskusi yakni Perumahan dan Pelayanan Dasar yang Layak, Aman, dan Terjangkau, Sistem Transportasi Publik yang Aman, Terjangkau, Mudah Diakses dan Berkelanjutan, Urbanisasi yang Inklusif dan Berkelanjutan.

Pelestarian Warisan Budaya, Pengurangan Risiko Bencana, Pengurangan Dampak Lingkungan Perkotaan serta Pengembangan Ruang Terbuka Hijau dan Ruang Publik yang Aman, Inklusif, dan Mudah Dijangkau.

Kemudian, dipenghujung acara akan dibacakan kesimpulan dari pembahasan yang sekaligus dituangkan dalam kegiatan Komunike Bersama.

“Komunike Bersama ini akan ditandatangani oleh seluruh Walikota yang hadir sebagai wujud komitmen untuk mendorong pencapaian kota dan permukiman yang inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan. Komunike Bersama akan dibacakan di 55th ISOCARP World Congress yang akan dibuka Presiden Jokowi di IICC, Botani Square Bogor,” tutup Bima

Kegitan ini digagas oleh Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP), Pemerintah Kota Bogor, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). (BR-1)

Comments

comments