Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, September 20, 2019
Halaman Home » Pojok Kasus » Dalami Suap Meikarta, KPK Kembali Panggil Deddy Mizwar
  • Follow Us!

Dalami Suap Meikarta, KPK Kembali Panggil Deddy Mizwar 

BERITA JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil mantan Wakil Gubernur, Jawa Barat, Deddy Mizwar sebagai saksi dalam kasus suap perizinan Mega Proyek Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi yang melibatkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat non aktif, Iwa Karniwa (IWK).

Selain Deddy, terdapat dua saksi lain yang juga diperiksa untuk tersangka yang sama. Adapun kedua saksi yang diperiksa tersebut yakni, Edi Triyanto selaku Support Service Project Management PT. Lippo Cikarang dan Satriyadi selaku Karyawan PT. Lippo Cikarang.

Dipanggil sebagai saksi untuk melengkapi berkas tersangka Iwa Karniwa (IWK),” kata Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah kepada awak media, Jumat (23/8/2019)

KPK sejauh ini memang tengah menelisik peran-peran dari pihak lain yang ikut menikmati suap Mega Proyek Meikarta milik Lippo Group. Terlebih, berdasarkan temuan-temuan baru dan sejumlah fakta persidangan yang menyatakan terdapat unsur legislator yang ikut bermain dalam proyek tersebut.

“Dari fakta-fakta yang ada, kami duga masih ada pihak lain yang menerima aliran dana. Ataupun masih ada pihak lain yang diduga berperan dalam konstruksi perkara ini,” jelas Febri.

Dalam kasus itu, Iwa diduga menerima uang Rp900 juta untuk memuluskan Rancangan Perda tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bekasi Tahun 2017. Perda tersebut penting untuk proyek Meikarta.

Dalam kasus ini, KPK juga telah menjerat mantan Presiden Direktur PT. Lippo Cikarang, Bartholomeus Toto, sebagai tersangka bersama-sama dengan Iwa Karniwa setelah memproses sejumlah tersangka lain di tahap persidangan. (Steve/Mul)

Comments

comments