Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Agustus 21, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Sri Puryono Luncurkan Buku ‘Birokrat Gaul Taat Asas’
  • Follow Us!

Sri Puryono Luncurkan Buku ‘Birokrat Gaul Taat Asas’ 

BERITA SEMARANG – Sekretarsia Daerah (Sekda) Jawa Tegah, Sri Puryono luncurkan bukunya bertajuk ‘Birokrat Gaul Taat Asas’ yang merupakan Jejak Hidup Sri Puryono yang digelar di Hotel Grand Candi, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (14/8/2019).

Dengan bahasa yang mudah dipahami, buku biografinya tersebut ditulis oleh enam jurnalis yang berisi kisah perjalanan hidupnya dimasa lalu dari waktu kecil di Desa Tanon, Sragen, hingga mendapatkan kepercayaan sebagai Sekda Provinsi, jabatan puncak sebagai pegawai negeri.

Diketahui, Editor buku tersebut adalah Amir Machmud NS yang didalamnya ada spirit dan teladan tentang hidup. Salah satu pembedah, guru besar Undip, Prof. Sudharto P Hadi, menyampaikan, sosok Sri Puryono merupakan pemimpin yang tahan kritik.

Bagi dia, bentuk kritikan yang membangun akan selalu dijadikan pedoman bagi Sri Puryono. “Hebatnya beliau, meski sering dikritik, bukannya marah. Tapi beliau belajar dan mengaplikasikannya,” kata Prof Sudharto.

Narasumber lainnya, wartawan senior, Sasongko Tedjo, mengatakan, sosok Sri Puryono merupakan tokoh Sekda yang mampu beraksi prima dalam melayani masyarakat.

“Itu sudah kami pelajari dari Sekda-sekda lainnya, bahwa Pak Sri Puryono mampu menjadi jembatan dan bersikap luwes. Jarang kita lihat sekda seperti ini,” katanya

Menurut Narasumber Dirjen Pengendalian DAS dan Hutan pada Kementerian Lingkungan Hidup, Hilman Nugroho, mengakui bahwa sosok Sri Puryono harus menjadi inspirasi bagi generasi muda. 

“Saya berharap segera muncul tokoh-tokoh seperti Sri Puryono. Karena Sri Puryono adalah sosok pemimpin yang mampu berpikir dengan cepat, dan mampu berpandangan jauh ke depan,” ujarnya.

Sementara, Sri Puryono menuturkan, dirinya akan terus mengabdi pada masyarakat meski tidak lagi menjabat sebagai Sekda. Karena hal itu menjadi cita-cita masa pensiun bersama istrinya.

Bahkan Sri Puryono mengaku tertarik untuk membuat jilid kedua dari bukunya tersebut, yang nantinya akan berisi lebih dalam lagi mengenai birokrat yang taat hukum. “Karena ada yang memintanya, akan saya coba,” tandasnya. (Nining)

 

Biro Semarang

Comments

comments