Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Agustus 21, 2019
Halaman Home » Bekasi Kota » Tahun Ini, Aceng: Peristiwa Kebakaran di Kota Bekasi Menurun
  • Follow Us!

Tahun Ini, Aceng: Peristiwa Kebakaran di Kota Bekasi Menurun 

BERITA BEKASI – Peristiwa kebakkaran di Kota Bekasi menurun tahun 2019 jika dibanding peristiwa kebakaran yang terjadi pada tahun 2018 lalu. Hal itu disampaikan, Kepala Dinas (Kadis) Pemadaman Kebakaran Kota Bekasi, Aceng Solahudin, Senin (12/8/2019).

Aceng mengungkapkan, dengan periode yang sama, jumlah insiden kebakaran pada 2018 ada sekitar 185 kejadian. Sementara tahun 2019, peristiwa kebakaran hanya mencapai 152 kebakaran. “Lebih menurun dibanding tahun lalu,” katanya.

Sebagian besar sambung Aceng, penyebab kebakaran di Kota Bekasi adalah konsleting listrik yang menimbulkan percikan api dan menyambar benda-benda yang ada di sekitarnya yang membuat api semakin membesar.

“Konsleting listrik ada 71 kejadian, tidak hanya terjadi saat rumah kosong, saat pemilik rumah terlelap juga bisa terjadi,” ungkap Aceng.

Dijelaskannya, dari 12 Kecamatan yang ada di Kota Bekasi kejadian kebakaran terbanyak terjadi di wilayah Bekasi Selatan. Sepanjang 2019 ada sekitar 17 kejadian dan disusul di wilayah Bekasi Timur dan Rawalumbu sebanyak 16 kejadian.

Aceng mengaku, Dinas Damkar telah melakukan langkah antisipatif bagi warga agar bisa mencegah terjadinya kebakaran. Salah satu upayanya adalah memberikan sosialisasi agar warga berhati-hati terhadap hal-hal yang berpotensi kebakaran.

“Misalnya dengan penggunaan beban listrik tinggi, kabel listrik yang sudah berusia relatif lama baik gedung maupun di rumah,” katanya.

Ditambahkan Aceng, dirinya mengimbau agar warga Kota Bekasi tidak membakar sampah sembarangan di dekat benda lain yang mudah terbakar. Aceng pun, meminta agar warga meningkatkan kepedulian akan bahaya kebakaran dan cara pencegahannya. (Adv/Ndi)

Comments

comments