Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Januari 22, 2020
Halaman Home » Berita Daerah » OMSP, Bersama TNI Membangun Desa Mandiri dan Sejahtera
  • Follow Us!

OMSP, Bersama TNI Membangun Desa Mandiri dan Sejahtera 

BERITA SEMARANG – Berdasarkan Undang-Undang (UU) No.34 tahun 2004 tentang TNI, dalam melaksanakan tugas pokoknya disamping dilakukan melalui operasi militer perang (OMP) juga dilakukan melalui operasi militer selain perang (OMSP).  

Sesuai Pasal 7 Ayat (2) UU, dalam OMSP terdapat 14 macam operasi diantaranya memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta serta membantu tugas pemerintahan di daerah yang diantaranya diimplementasikan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). 

Demikian dijelaskan Kapendam IV Diponegoro, Kolonel Arh Zaenudin, terkait pelaksanaan program TMMD Reguler yang hingga tahun 2019 ini sudah memasuki periode ke-105, di sela-slela kegiatan pemantauan TMMD Kodam IV Diponegoro, Sabtu (3/8/2019).

Di wilayah Kodam IV Diponegoro sendiri secara serentak dilaksanakan mulai 10 Juli hingga 8 Agustus 2019 di empat lokasi yakni di wilayah Kodim 0712 Tegal, Kodim 0716 Demak, Kodim 0723 Klaten dan Kodim 0730 Gunung Kidul. Selain itu, juga dilaksanakan TMMD sengkuyung yang digelar di seluruh Kodim jajaran Kodam IV Diponegoro.

“Hal ini merupakan bentuk komitmen TNI yang akan selalu hadir bersama-sama masyarakat untuk membantu pemerintah daerah dalam menyelesaikan persoalan masyarakat maupun mewujudkan kesejahteraan, baik melalui peningkatan kehidupan ekonomi maupun pembangunan dan peningkatan fasilitas infrastruktur seperti jalan, jembatan, irigasi, sanitasi warga serta fasilitas-fasilitas umum lainnya,” ungkap Kapendam.

Menurut Kapendam, pembangunan jalan, jembatan, talud irigasi dan pembagunan rumah tidak layak huni (RTLH) serta infrastruktur lainnya pada sasaran fisik TMMD Reguler ke 105 tahun 2019 merupakan hal yang relevan untuk mewujudkan cita-cita nasional dalam rangka memajukan kesejahteraan umum. 

Dikatakan Kapendam, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat membuka TMMD Reguler ke-105 di lapangan Trimurti, Dukuh Marangan, Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten menerangkan bahwa TMMD merupakan program terpadu antara TNI dan pemerintah dalam rangka pemerataan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat.

“Gubernur ingin seluruh desa di Jateng semakin maju dan mandiri. Beliau juga ingin kehidupan rakyat Jateng semakin sejahtera. Pada prinsipnya, masyarakat kita harus betul-betul dapat hidup secara baik, sehat dan sejahtera,” ujar dia.

Menurutnya, penyampaian tersebut tidaklah berlebihan dan tidak mengada-ada. Dandim 0723 Klaten Letkol Inf Eko Setyawan, Dandim 0730 Gunung Kidul, Letkol Inf Noppy Laksana Armyanto dan Dandim lain selaku Dansatgas TMMD juga meyakini bahwa pembangunan jalan, jembatan dan irigasi sangat strategis untuk mendorong perekonomian masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai petani, peternak, wiraswasta dan buruh harian lepas. (Nining)

Biro Semarang

Comments

comments