Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Desember 8, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » TMMD Tingkatkan Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat
  • Follow Us!

TMMD Tingkatkan Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat 

BERITA SEMARANG – Kesejahteraan masyarakat pedesaan yang mayoritas hidup sebagai petani, sangat dipengaruhi oleh hasil panen sebagai sumber pendapatan. Namun besar kecilnya pendapatan tidak hanya dipengaruhi hasil panen saja, tetapi juga sarana dan prasarana pendukung lainnya, seperti jalan, jembatan dan irigasi.

Demikian dikatakan Kapendam IV Diponegoro, Kolonel Arh Zaenudin di Kantor Pendam IV Diponegoro terkait pelaksanaan TMMD Reguler ke 105 tahun 2019, Selasa (16/7/2019).

Dijelaskan bahwa jembatan dan irigasi merupakan sarana vital masyarakat pedesaan yang mayoritas petani. Sarana tersebut mutlak untuk mendukung usaha pertanian mulai dari pengolahan tanah hingga pasca panen. 

Menurut Kapendam, saluran irigasi merupakan sarana sebagai penyedia air yang termasuk dalam kebutuhan pokok pertanian selain bibit, pupuk dan obat-obatan. Selain itu, lahan kering yang hanya mengandalkan air hujan (tadah hujan) tidak bisa diolah sepanjang tahun.

“Dengan lahan kering atau tadah hujan, para petani tidak bisa leluasa menggarap lahannya, sehingga mereka mengalami masa dimana kehilangan mata pencaharian (masa paceklik),” ungkapnya. 

Begitupun dengan tidak adanya akses jalan yang memadahi. “Bila hasil pertanian melimpah tetapi tidak bisa segera menjual hasil panennya dan harus menjual kepada tengkulak dengan harga murah, bagaimana mereka akan sejahtera,” kata Kapendam.

Kapendam berharap, melalui TMMD) Reguler 105, permasalahan kekurangan sarana vital pertanian dapat terpenuhi sehingga hasil pertanian meningkat, pendapatan bertambah dan kehidupan menjadi lebih sejahtera.

Sementara Dandim 0723 Klaten Letkol Inf Eko Setyawan yang didampingi Kasdim Mayor Inf Sabto Budi saat mengecek langsung kegiatan TMMD di lokasi pembuatan jembatan dan pengecoran jalan di Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, menyampaikan, dengan dibangunnya jembatan penghubung Desa Jimbung Kecamatan Kalikotes dengan Desa Krakitan Kecamatan  Bayat akan berdampak secara ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Jatimulya Kecamatan Siradadi, Kabupaten Tegal, Ahmad Zaeni menyatakan sangat mendukung TMMD Reguler ke-105 khususnya pembangunan jalan di desanya. Bahkan dirinya juga rajin memantau pembangunan dengan mengirim makanan sebagai penyemangat anggota TNI dan masyarakat yang bergotong-royong membangun desanya.

“Ini adalah akses vital transportasi masyarakat yang nantinya untuk mendongkrak perekonomian yang pangkalnya kesejahteraan masyarakat,“ ujarnya.

Apa yang dirasakan tentu tidak jauh berbeda dengan masyarakat di Desa Banaran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, dan masyarakat desa lainnya diseluruh wilayah Indonesia yang saat ini mendapat program TMMD Reguler ke-105 tahun 2019. (Nining)

 

Biro Semarang

Comments

comments