Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, September 18, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Gempa Bali 6,0 Skala Richter Dirasakan Warga Jember
  • Follow Us!

Gempa Bali 6,0 Skala Richter Dirasakan Warga Jember 

BERITA JEMBER – Gempa berkekuatan 6,0 skala richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Jembrana, Bali, Selasa (16/7/2019) sekitar pukul 07.18 WITA, getarannya juga dirasakan warga Kabupaten Jember, Jawa Timur.

“Saya berlarian ke luar rumah karena guncangan gempa cukup kuat,” kata Hamzah, salah seorang warga perumahan di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember.

Beberapa benda yang digantung di dalam rumah bergoyang. Hal ini membuat dirinya panik dan berlari ke luar rumah. “Guncangan gempa agak lama, sehingga kami menunggu di luar rumah dan banyak tetangga yang juga keluar rumah,” kata Hamzah.

Sementara Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo membenarkan guncangan kuat gempa Bali yang tidak berpotensi tsunami itu dirasakan warga Kabupaten Jember.

Gempa dirasakan warga hampir di semua kecamatan di Jember, namun hingga kini kami belum menerima laporan terkait kerusakan.

Dijelaskannya, semua personel Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD berada di lapangan untuk memantau dampak gempa yang berpusat di Bali. “Semuanya turun untuk mengecek di lapangan dan mudah-mudahan tidak ada kerusakan,” kata Heru Widagdo.

Selasa 16 Juli 2019 pukul 07.18.35 WIB, wilayah Samudera Hindia Selatan Bali-Nusa Tenggara diguncang gempa bumi tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi itu berkekuatan 6 SR yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 5,8 SR.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,08 LS dan 114,55 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 km arah selatan Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Bali pada kedalaman 104 kilometer. (***)

Sumber: ANTARA

Comments

comments