Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Juli 21, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Operasi Bibir Sumbing HUT Bhayangkara Target Pecahkan MURI
  • Follow Us!

Operasi Bibir Sumbing HUT Bhayangkara Target Pecahkan MURI 

BERITA SEMARANG – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara 1 Juli 2019, Biddokkes dan RS Bhayangkara Semarang melaksanakan kegiatan bhakti sosial yang bertema ‘Senyum Bersama Polri’, Selasa (18/6/2019) dengan menggelar operasi bibir sumbing gratis yang berlangsung selama dua hari 18-19 Juni 2019.

Kepada Beritaekspres.com, Kabiddokkes RS. Bhayangkara Semarang, Kombes Pol. dr. Tri Yuwono Putro menyampaikan, ada 40 pasien yang sudah mendaftar operasi bibir sumbing dari wilayah Jawa Tengah. Namun yang lolos screening ada 36.

Meski target dari Mabes Polri hanya 20 pasien, namun pasien yang telah mendaftar akan tetap dilayani pada hari berikutnya. “Hari ini pelaksanaan operasi untuk 9 pasien dengan empat kamar operasi, besok 11 pasien,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan operasi sendiri, pihaknya telah menyiapkan 40 orang dokter ahli bedah. Untuk bisa mengikuti operasi bibir sumbing, pasien minimal berusia 3 bulan dengan berat badan 5 Kg. “Kebetulan pasien yang ikut operasi kali ini paling muda berusia 3 bulan 9 hari,” imbuhnya.

Ketua Pengurus Wilayah Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI) Jateng, Drg Jaka Kusnanta menyatakan siap melaksanakan operasi bibir sumbing yang dibantu operator bedah mulut 20 orang dengan 10 assisten. “Hari ini kita melakukan operasi 9 pasien, besok 11 pasien,” tuturnya.

Menurutnya, untuk pasien lainnya akan dilakukan operasi pada hari berikutnya, sambil menunggu kesehatan pasien, dengan jadwal 2 pasien perhari.

Selain operasi bibir sumbing, pada kegiatan bhakti sosial (kesehatan) HUT Bhayangkara 2019 yang bertema ‘Senyum Bersama Polri’ juga dilaksanakan pengobatan masal, donor darah, lomba KB, dan lomba kebersihan lingkungan Satker.

Salah satu keluarga pasien dari Grobogan yang ikut operasi bibir sumbing, Kusnandar menyampaikan terima kasihnya kepada Polri. Dirinya mengaku mendapat informasi dari Polres.

“Setelah dapat informasi, saya langsung mendaftarkan anak saya yang berusia 3 tahun untuk ikut operasi bibir sumbing. Terima kasih Polri, sudah membantu keluarga kami,” ungkap dia.

Diketahui, kegiatan operasi bibir sumbing ini juga untuk memecahkan rekor MURI yang dilaksanakan secara serentak di Polda seluruh Indonesia mulai hari ini dan esok.

Apabila tahun lalu operasi bibir sumbing dipecahkan oleh PABMI dengan jumlah 200 anak, maka hari ini Kedokteran Polri ingin memecahkan rekor tersebut dengan target 500 anak. 

Sementara kegiatan sendiri dipusatkan di Polda Jambi yang dibuka oleh Kabaharkam Polri, Komjen Pol. Drs. Condro Kirono. (Nining)

Comments

comments