Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Juni 16, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » 22 Ribu Personel Polda Jateng Siap Amankan Mudik Lebaran
  • Follow Us!

22 Ribu Personel Polda Jateng Siap Amankan Mudik Lebaran 

BERITA SEMARANG – Anggota Komisi D DPRD Jateng, Ngaini Richard berharap arus mudik dan balik Lebaran 2019 berjalan lancar, tertib dan aman, mengingat tol Trans Jawa yang sudah beroperasi sudan tersambung dari Jakarta-Surabaya.

“Apalagi tahun ini, Kementerian Perhubungan memberlakukan satu arah. Yang perlu diantisipasi yakni jangan sampai ada penumpukan kendaraan di Brebes Barat yang masuk ke Jateng. Untuk jalan biasa, kemacetan disebabkan adanya pasar tumpah,” ungkap Richard saat diskusi Prime Topic Trijaya FM yang bertema ‘Mudik Lancar dan Nyaman’ di Hotel Noormans Semarang, Rabu (15/5/2019).

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Triatmaja mengatakan, dalam arus mudik dan balik Lebaran tahun 2019 ini, Polda Jateng akan menerjunkan 22.000 personel Kepolisian untuk pengamanan. “Dan akan dibackup 750 siswa SIP untuk diperbantukan di Jateng,” ujarnya. 

Dikatakan, untuk titik rawan penumpukan seperti di pintu tol keluar Brebes Barat, akan diantisipasi yang satu arah menjadi dua arah. “Termasuk adanya tikungan tajam untuk menghindari kecelakaan, karena mobil besar seperti bus yang sulit belok, sebelum masuk Brebes Barat, bus sudah dibelokkan,” tuturnya.

Sementara untuk jalur tengah seperti Banyumas, Purbalingga titik macet ada pada pasar tumpah.

Kepala Dinas Perhubungan Jateng Satriyo Hidayat menambahkan, pihaknya dengan instansi terkait, termasuk Polda Jateng telah melakukan antisipasi tersebut.

Terkait papan petunjuk arah, akan dipasang di jalur mudik untuk memudahkan pemudik. Sedangkan untuk penerangan jalan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkot/Pemkab, karena butuh 9.800 lampu yang kini baru terpasang 4.800 lampu.

“Jumlah pemudik dari Jakarta dan wilayah barat diperkirakan 14,1 juta orang. Dan sekitar 5,6 juta orang pemudik diantaranya akan masuk ke Jateng,” pungkas dia. (Nining)

 

Biro Semarang

Comments

comments