Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Februari 22, 2020
Halaman Home » Berita Daerah » Konferensi IPNU Cabang Demak Harus Sehat dan Berkualitas
  • Follow Us!

Konferensi IPNU Cabang Demak Harus Sehat dan Berkualitas 

BERITA DEMAK – Konferensi Kabupaten Demak yang akan berlangsung pada 27-28 April 2019 di MI Mazroatul Huda Kecamatan Bonang disinyalir syarat akan kepentingan yang mengarah pada kemenangan salah satu kandidat. Hal ini bisa dilihat dari minimnya informasi yang menyatakan telah dibukanya pendaftaran calon Ketua Umum dan syarat-syaratnya dibeberapa anak cabang tingkat Kecamatan.

Selain itu, panitia dinilai juga mempersempit aturan main dan batas waktu pendaftaran calon Ketua Umum yang seharusnya dibuka seluas-luasnya sampai Konfercab IPNU Cabang dimulai. Karena hal itu terkait dengan syarat dan batas waktu tidak ada ketentuan baik dalam Undang-Undang AD/ART PO (Peraturan Organisasi) maupun PA (Pedoman Administrasi).

Kusni Mustofa, mantan Ketua IPNU PAC Kecamatan Mranggen sekaligus Sekretaris Presidium sidang yang memaparkan sidang pra Konfercab pada hari Minggu, 21 April 2019 pukul 15.00 WIB-pukul 20.45 WIB digedung Nu Lantai 2 Jalan Sultan Fatah No.611 Bintoro Demak, bahwa Pimpinan Cabang bersama sebagian Pimpinan Anak Cabang menggelar sidang yang memutuskan tata tertib pra konferensi yang memuat seluruh rangkaian regulasi konferensi dan teknis mekanisme tahap pencalonan Ketua, sampai dengan tahap pemilihan Ketua Umum IPNU Pimpinan Cabang Demak periode 2019-2021.

Diputuskannya sidang pra Konfercab dimaksudkan pada saat konferensi langsung di sahkan-nya tata tertib sidang pleno oleh Pimpinan sidang yang akan berlangsung 27-28 April 2019 di MI Mazroatul Huda Bonang.

Kusni Mustofa menilai, diputuskannya sidang PRA KONFERCAB ‘tidak relevan’ dengan AD/ART dan PO (peraturan oraganisasi) PA (pedoman administrasi) organisasi IPNU.

Menurutnya, koordinasi penyelenggaraan konsep sidang PRA KONFERCAB yang kurang jelas dan kurang tuntas berdampak pada kader-kader PAC IPNU batas kota seperti Kecamaan Mranggen, Sayung, Mijen dan Karanganyar yang secara letak geografis jauh dari kantor Cabang IPNU.

Anomali alur pembahasan sidang mulai berlangsung pada saat disepakatinya Bab 2 Pasal 3 Ayat 1-Ayat 7 tentang tahap pendaftaran calon Ketua IPNU Cabang yang mensepakati 60 menit waktu pendaftaran, dan 1 kali 24 jam untuk pemberkasan verifikasi calon ketua oleh panitia penyelenggara KONFERCAB. Selanjutnya Bab 3 Pasal 5 Ayat 2 dan 5 tentang kriteria ketua yang  mensepakati usia setinggi-tingginya 23 tahun dan harus mendapat rekomendasi dari koordinator kecamatan  (Dapil) PAC IPNU yang berbeda-beda.

“Sudah saatnya proses kaderisasi di IPNU Cabang Demak bersih dari kepentingan senior atau kelompok tertentu, agar tercipta Konferensi IPNU Cabang Demak yang sehat dan berkualitas dalam memberi pembelajaran kepada seluruh kader-kader IPNU,” tandasnya. (Nining)

Biro Semarang

Comments

comments