Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Selasa, April 23, 2019
Halaman Home » Bekasi Kota » Besok, Bawaslu Kabupaten Bekasi Turunkan 7.951 Pengawas TPS
  • Follow Us!

Besok, Bawaslu Kabupaten Bekasi Turunkan 7.951 Pengawas TPS 

BERITA BEKASI – Besok, Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 17 April 2019 sudah dimulai, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bekasi, terus melakukan sejumlah persiapan terutama pengawasan terkait kemungkinan adanya pelanggaran.

Kepada Beritaekpres.com Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi, Syaiful Bahri mengatakan, posisi peran Bawaslu dihari pencoblosan nanti akan menurunkan sebanyak 7.951 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Bekasi.

“Sudah disiapkan besok. Tujuannya, untuk memastikan berjalannya proses di TPS,” terang Syaiful, Selasa (16/4/2019).

Dikatakan Syaiful, hal yang perlu diperhatikan saat pemungutan dan penghitungan suara seperti titik kerawanan yang mungkin terjadi saat orang yang datang ke TPS dipastikan seusai Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khsusus (DPK) yang ada di sekitar TPS.

Kita memastikan sambung Syaiful, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memperhatikan pedoman yang ada dan jangan sampai terjadi money politik disekitar TPS sampai rekapitulasi penghitungan suara bisa berjalan dan mendapat hasilnya.

“Selain itu, kami memastikan juga rekapitulasi atau pengitungan hasil pungut hitung itu bisa berjalan dan kami mendapatkan C1 hasilnya,” ungkap Syaiful.

Syaiful menambahkan, jika ditemukan kecurangan sepanjang masih bisa diluruskan oleh pengawas TPS yang artinya melakukan proses pencegahan.

“Namun, jika ditemukan pelanggaran berat pengawas TPS merekomendasikan ke Panwas Desa atau ke Panwascam. Untuk Sanksi tergantung dari jenis pelanggaran,” pungkasnya. (De/Mul)

Comments

comments