Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Selasa, Juni 18, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Dua WBP Lapas Semarang Ikuti UNBK Setara SMA
  • Follow Us!

Dua WBP Lapas Semarang Ikuti UNBK Setara SMA 

BERITA SEMARANG – Dua orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang mengikuti kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk kejar paket C setara SMA, yang dilaksanakan di Islamic Center Semarang, Jawa Tengah selama 4 hari, mulai 14-16 April 2019.

Kedua WBP yakni, Daniel Aviv terpidana 5 tahun penjara dalam perkara narkotika, dan Sigit Prasetyo terpidana 18 tahun penjara dalam perkara 340 KUHP.

Keikutsertaan WBP dalam UNBK itu merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) No.32 Tahun 1999 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak WBP.

Kepala Lapas Semarang, Dadi Mulyadi mengatakan, sebelum melangsungkan ujian mereka sudah mengikuti kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan setiap hari di Lapas.

“Bagaimanapun mereka WBP, kita berikan hak untuk mendapatkan pendidikan di Lapas agar tercetak WBP yang cerdas dan siap untuk bergabung kembali ke masyarakat,” ungkap Kalapas di Semarang, Senin (15/4/2019).

Dikatakan, selama proses kegiatan belajar mengajar (KBM), mereka diajar tutor dari PKBM dan WBP yang terjerat perkara tipikor dengan lulusan S2 (master) dan S3 (doktor) di Lapas Semarang.

“Kegiatan ini bekerjasama dengan PKBM Bangkit Ngaliyan didukung oleh Dinas Pendidikan. Bagaimanapun WBP yang di sini juga berhak mendapatkan pendidikan,” katanya.

Pada pelaksanaan UNBK hingga pulang kembali ke Lapas, kedua WBP mendapat pengawalan baik dari petugas Lapas maupun petugas Kepolisian. (Nining)

 

Biro Semarang

Comments

comments