Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Juli 17, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Sekolah Alam Ungaran Gelar Kampanye Go Green ‘Ayo, Selamatkan Bumi’
  • Follow Us!

Sekolah Alam Ungaran Gelar Kampanye Go Green ‘Ayo, Selamatkan Bumi’ 

BERITA SEMARANG – Dalam rangka meriahkan Hari Bumi, siswa dan wali murid Sekolah Alam Ungaran menyelenggarakan kegiatan Kampanye ‘Go Green’ yang digelar di Alun-Alun Bung Karno Kalirejo Ungaran, Kabupaten Semarang, Minggu (14/4/2019).

Kegiatan yang mengusung tema Go Green ‘Ayo, Selamatkan Bumi’ itu mendapat dukungan penuh dari segenap civitas akademika Sekolah Alam Ungaran, terutama dari pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang.

Kegiatan yang dilaksanakan antara lain fashion show memakai bahan daur ulang kreasi siswa dan wali murid, kampanye Go Green mengelilingi lapangan alun-alun Bung Karno Kalirejo dan Flashmob berupa tarian Go Green yang diperagakan oleh seluruh guru, siswa, dan wali murid Sekolah Alam Ungaran

Kasie Sarpras Paud dan Dikmas Disdik Kabupaten Semarang, Mediarso Tri Soelistyo menjelaskan, tujuan kampanye ini adalah untuk mengajak masyarakat  berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan terutama di sekitar Alun-alun Bung Karno Kalirejo, dengan aksi pungut sampah.

Pada kesempatan tersebut siswa juga memberikan souvenir cantik berupa stiker berisi ajakan peduli lingkungan kepada setiap masyarakat yang berpartisipasi dalam aksi pungut sampah tersebut.

“Kami dari dinas sangat mendukung sekali, karena ini merupakan salah satu inovasi dan terobosan dari salah satu lembaga yang berupa Sekolah Alam yang kegiatannya bisa menjadi contoh bagi lembaga-lembaga pendidikan lain, terutama yang berada di Kabupaten Semarang,” ujarnya.

Menurut Mediarso, salah satu terobosan yang dilakukan oleh Sekolah Alam ini setidaknya bisa menjadi contoh sebagai inspirasi bagi masyarakat untuk mengedukasi supaya alam bisa menjadi lebih baik.

“Seperti penggunaan plastik sekarang sudah lebih parah, karena plastik membusuknya butuh waktu hingga puluhan tahun. Memang perlu dikurangi penggunaan plastik dengan menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan,” katanya.

Pihaknya berharap dengan kegiatan ini anak-anak mempunyai pemikiran untuk merawat alam yang ada di sekitarnya. Sehingga mereka bisa hidup berdampingan dengan alam, agar keseimbangan alam bisa tercapai.

“Kegiatan ini kami adakan dalam rangka memperingati hari bumi, dan mengajak masyarakat sekitar untuk menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Melalui kegiatan ini kami harapkan anak-anak mampu membiasakan diri untuk cuci tangan di rumah, mematikan listrik di rumah, dan hemat air,” pungkas Kepala PAUD Alam Ungaran, Purwi Kinanthidia. (Nining)

 

Biro Semarang

Comments

comments