Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Januari 22, 2020
Halaman Home » Berita Daerah » Bupati Sekadau Kalbar Kunjungi Tempat Sakral Dusun Boti Hulu
  • Follow Us!

Bupati Sekadau Kalbar Kunjungi Tempat Sakral Dusun Boti Hulu 

BERITA SEKADAU – Bupati Sekadau Rupinus disela-sela membuka lomba Desa di Desa Boti Kecamatan Sekadau Hulu, menyempatkan diri mengunjungi beberapa tempat yang dianggap bersejarah dan sakral oleh masyarakat setempat khususnya Dusun Boti, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (27/3/2019).

Dalam kunjungannya, Bupati Rupinus, didampingi Kepala Dinas PMD, Sataf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Pemerintahan, Plt. Camat Sekadau Hulu, Kades Boti beserta perangkatnya dan masyarakat Dusun Boti. Tempat bersejarah yang dikunjungi antara lain, tangga bengkong bego dan rumah museum peralatan pusaka peninggalan leluhur.

Tangga bengkong bego menurut cerita, tidak boleh dipisahkan. Konon katanya, memiliki keramat. Dua diantaranya tidak boleh terpisahkan. Tangga ini juga menurut ceritanya sepasang laki-laki laki dan perempuan. Warga memperkirakan usia tangga yang terbuat dari kayu belian ini ratusan tahun yang lalu bahkan sebelum adanya Kampung Boti.

Tangga bengkong bego ini terletak persis di sungai Menterap. Tangga ini digunakan untuk beraktivitas sehari hari oleh warga Dusun Boti terutama untuk mandi di Sungai.

Bupati dan rombongan sempat foto bersama sambil menikmati Sungai Sekadau. Usai melihat tangga bengkong bego, lanjut melihat rumah kecil. Masyarakat menyebutnya, museum benda-benda pusaka peninggalan para leluhur.

Beragam jenis benda pusaka, disimpan oleh warga Boti didalamnya. Setelah itu, Bupati bersama rombongan mengunjungi tugu Boti tanah berani. Tugu ini dibangun oleh Desa Boti, persis dipertengahan Kampung Dusun Boti. (Hms/As)

 

Biro Kalimantan Barat

Comments

comments