Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, Oktober 14, 2019
Halaman Home » Bekasi Kota » Kawal Surat Suara, Ketua KPU Bekasi Apresiasi Kinerja Polisi
  • Follow Us!

Kawal Surat Suara, Ketua KPU Bekasi Apresiasi Kinerja Polisi 

BERITA BEKASI – Untuk menjamin keamanan dan kerahasian, kedatangan logistik berupa surat suara untuk pencoblosan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Wakil Presiden (Capres) 2019, dikawal ketat personil gabungan dari anggota Polsek Cikarang Timur dan anggota Polres Metro Bekasi, Kamis (7/3/2019).

Pengamanan surat suara itu, dipimpin langsung Panit Binmas Polsek Cikarang Timur, Ipda Sutarman yang melibatkan 10 anggota yang terbagi menjadi dua. Tim Pertama, dibawah pimpinan Aipda Maradiana serta 4 anggota diantaranya, Brigadir Anggy Berindo, Brigadir Nurjaeni, Brigadir Krisbianto dan Brigadir Abdul Azis.

Tim Kedua, dibawah pimpinan Aiptu Rujito beserta 4 anggota yakni, Briptu M.Fauzian Reza, Briptu Darus Munandar, Briptu Topan Sulistianto dan Briptu Yovie Masda Eka Pradiyatma. Masing-masing tim beranggota 5 orang.  

Sebelum kedatangan surat suara, Kapolsek Cikarang Timur AKBP Warija melakukan Rapat Koordinasi besama Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Saipul Bahri beserta jajarannya dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi, Akbar Kadafi beserta jajarannya.

“Sebelum kedatangan surat suara Kapolsek Cikarang Timur melakukan rapat koordinasi bersama para petugas dari KPU dan Bawaslu Kabupaten Bekasi, guna tidak terjadinya kesalahan atau insident yang tidak kita inginkan,” terang Aiptu Iwan Setiyawan Kasi Humas Polsek Cikarang Timur.

Kepada Beritaekspres.com, Ketua KPU Kabupaten Bekasi H. Jajang Wahyudin mengucapkan terimakasihnya kepada personil gabungan yang sudah mengamankan surat suara PPWP.

“Saya perwakilan dari KPU Kabupaten Bekasi sangat berterimakasih kepada seluruh jajaran anggota Polsek Cikarang Timur dan personil gabungan dari Polres Metro Bekasi sudah melakukan pengaman kedatangan surat suara PPWP sampai di Gedung serba guna Wibawa Mukti,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasubag Umum KPU Kabupaten Bekasi, Wahid Rosidi mengatakan, pengamanan di Gedung Serbaguna dilakukan selama 1×24 jam. “Sedangkan personil tambahan bertugas selama proses pelipatan surat suara belangsung,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Cikarang Timur, AKBP Warija menambahkan, surat suara PPWP Presiden dan Wakil Presiden akan diletakan di Gedung Serbaguna tepatnya di Komplek Stadion Wibawa Mukti Jababeka, Kelurahan Sertajaya Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi Jawa Barat.

“Surat suara PPWP berjumlah 2.094.617 lembar yang di kirim dari percetakan PT. Barutama yang berdomisili Kudus Jawa Tengah, konsorsium PT. Gramedia dan penempatan surat suara PPWP akan diletakkan di Gedung Serbaguna Wibawa Mukti,” katanya.

Dikatakannya, surat suara tersebut menggunakan mobil box milik PT. Pos Indonesia dengan No Pol G-1785-GE yang dikemudikan Antono. Surat suara PPWP tiba dilokasi sekitar pukul 05.10 WIB. Untuk sementara, logistik belum dibongkar. “Kami masih menunggu tenaga bongkar dan pembongkaran dipimpinan langsung KPU Kabupaten Bekasi,” tutur AKBP Warija.

Masih kata AKBP Warija, terkait teknis pengamanan bahwa Polri sebagai Institusi pengamanan bersinergi dengan Bawaslu yang bertugas mengawasi kegiatan penyelengaraan Pemilu 2019.

“Untuk selanjutnya pengamanan tersebut akan dilakukan baik di dalam maupun diluar lokasi, guna antisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Sebagian, ada beberapa personil baju preman di dalam yang mantau proses pelipatan surat suara dan selebihnya berjaga di luar Gedung Serbaguna. Saya peritahkan setiap dua jam personil jaga Gedung Serbaguna harus laporan situasi agar selalu terpantau pimpinan,” lanjutnya.

Hasil pengamanan personil gabungan untuk situasi terpantau aman dan terkendali, hingga berita ini terbit mobil box yang bermuatan surat suara PPWP belum dibongkar. (De/Mul).

Comments

comments