Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Agustus 21, 2019
Halaman Home » Bekasi Kota » PT. Fajar Paper Ikut Partisipasi Dalam Penanaman Manggrove
  • Follow Us!

PT. Fajar Paper Ikut Partisipasi Dalam Penanaman Manggrove 

BERITA BEKASI – Ribuan hektare hutan mangrove di pesisir laut utara Bekasi khususnya di Muara Gembong semakin menyusut akibat pembalakan liar serta ketidaktahuan masyarakat sekitar tentang besarnya manfaat ekosistem hutan bakau mangrove dipesisir pantai. Kerusakan ekosistem hutan mangrove di pesisir pantai utara Bekasi ini pun sudah berada pada ambang batas yang sangat mengkhawatirkan.

Perlu kesadaran dan rasa tanggung jawab untuk membenahi hal tersebut, terutama dalam proses pelestarian dan rehabilitasi. Seperti yang terjadi di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Ratusan hektar hutan mangrove yang beralih fungsi menjadi tambak sejak tahun 1940-an kini telah berubah menjadi daerah terdampak abrasi dengan tingkat kerusakannya tinggi.

Kerusakan hutan mangrove yang terjadi berdampak pada melemahnya kegiatan ekonomi masyarakat. Hal itu terjadi karena tambak yang biasa digunakan untuk lahan budidaya air payau seperti ikan bandeng dan udang windu kini sudah menyatu dengan laut. Jika kondisi ini dibiarkan akan menjadi salah satu penyebab bertambahnya angka kemiskinan di Kecamatan Muara Gembong.

Melihat kondisi tersebut, PT. Fajar Paper melalui program Corporate Social Responsibility (CSR)nya turut serta berpartispasi dalam menggalakan kepedulian lingkungan khusunya rehabilitasi hutan mangrove yang berada di pesisir pantai utara Bekasi, khusunya di Muara Gembong. Dengan melakukan pelatihan masyarakat, pembibitan mangrove, penanaman dan pemeliharaan mangrove di lahan konservasi.

Sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian terhadap lingkungan khusunya hutan mangrove, sejak tahun 2018 lalu, PT. Fajar Paper selalu berperan aktif dan berpartisipasi melakukan perbaikan dan pengembangan hutan mangrove di pantau utara Bekasi.

Dengan ini, Fajar Paper bekerja sama dengan LSM Generasi Masyarakat Peduli Alam & Lingkungan Hidup (Gempal) untuk melestarikan hutan mangrove di Muaragembong Kabupaten Bekasi.

Kurniawan, penanggung jawab program CSR PT. Fajar Paper mengatakan, pihaknya telah melakukan penanaman pohon mangrove dan pemberian bibit mangrove kepada masyarakat diwilayah Muaragembong.

“Berbagai kegiatan sudah kita lakukan di tahun 2018 lalu seperti penanaman pohon mangrove, pemberian bibit-bibit mangrove. Di tahun 2019 ini Fajar Paper tetap konsisten dan berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan hutan mangrove seperti yang baru-baru ini dilakukan yaitu memberikan ribuan pohon mangrove dan ribuan ajir untuk merahabilitasi hutan mangrove di pantai utara Muara Gembong,” jelas Kurniawan.

Dikatakan Kurniawan, Fajar Paper melakukan hal ini dalam bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar. “Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar yang kali ini di fokuskan dalam program Rehabilitasi Hutan Mangrove di Pantai Utara Muara Gembong, Kabupaten Bekasi,” bebernya.

“Harapan saya kedepanya, Fajar Paper dapat menjadi contoh bagi perusahaan lainnya untuk dapat berpartisipasi menjaga dan melestarikan hutan mangrove di pantai utara, khusunya Muara Gembong Kabupaten Bekasi,” lanjut dia.

Selain program rehabilitasi Mangrove ini, kata Kurniawan, masih ada program kegiatan CSR lainnya sebagai bentuk sosial dan tanggung jawab perusahaan yang dituangkan dalam kegiatan-kegiatan peduli lingkungan dan masyarakat.

“Donor darah, penghijauan, zakat fitrah, bantuan hewan qurban, pemberian bantuan paket alat tulis dan seragam guru, renovasi sekolah, periksa mata gratis, bantuan 30 unit komputer, bantuan kursi roda, bantuan sembako, bantuan kepada korban bencana alam, santunan anak yatim piatu, dan masih banyak lagi,” tutup Kurniawan.(De/Mul )

Biro Kabupaten Bekasi

Comments

comments