Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, September 20, 2019
Halaman Home » Bekasi Kota » Berulat dan Berkutu, Warga Bantar Jaya Kembalikan Beras BNPT
  • Follow Us!

Berulat dan Berkutu, Warga Bantar Jaya Kembalikan Beras BNPT 

BERITA BEKASI – Masyarakat Desa Bantar Jaya mengembalikan satu karung beras 10 kilogram yang didapat melalui program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kementerian Sosial ke Kantor Desa Bantar Jaya, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi.

Mereka mengeluhkan kualitas beras yang buruk berbau dan banyak kutu dan butiran beras yang pecah, sehingga mereka menganggap bahwa beras itu tidak layak dikonsumsi masyarakat.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Bantar Jaya, Abu Jihad Ubaidilah (Abuy) kemudian memanggil koordinator dan pendamping program untuk menjelaskan kualitas beras yang diterima masyarakat dengan disaksikan polisi.

Kepada Beritaekspres.com, Marlina warga RT003/RW07, Dusun II mengatakan, beras yang ia dapat banyak ulat dan kutu. “Gak bagus ini, pera, enggak enak. Gak layak konsumsi,” katanya sambil menunjukan beras yang diterimanya, Kamis (24/1/2019)

“Sebenarnya banyak ibu-ibu bawa beras ke saya. Cuman saya bawa cuma satu ini, perwakilan. Semua sama kaya gini. Tidak layak, tidak sesuai (nilai bantuan). Rp110 rebu masa kaya gini. Desa lain bagus,” sambungnya.

Menurut Marlina, beras yang didapat warga Desa lain jauh lebih baik dibandingkan yang ia terima. Beberapa tetangga yang telanjur memasak beras itu bahkan tak menyentuhnya sama sekali.

“Harapan kita dapat beras yang lebih baik. Masa dapet yang kaya gini. Disamain sama bebek kita. Mending dapet uang tunai kita beli sendiri,” tungkasnya.

Kepala Desa Bantar Jaya mengaku akan meneruskan keluhan masyarakat dan mengomunikasikan hal itu kepada koordinator program BPNT.

“Kita juga enggak pernah dilibatkan. Pemerintah Desa enggak tahu terkait masalah ini. Mereka udah kerja sama ke beberapa warung dan rekanan. Dinsos hanya minta data saja ke kita. Harapan kita ke depannya lebih baik,” pungkasnya. (De/Mul)

Biro Kabupaten Bekasi

Comments

comments