Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Kamis, Juni 27, 2019
Halaman Home » Berita Lain » Kapolda: 2018, Angka Kejahatan di Jateng Turun 12,7 Persen
  • Follow Us!

Kapolda: 2018, Angka Kejahatan di Jateng Turun 12,7 Persen 

BERITA SEMARANG – Gangguan Kamtibmas di wilayah Polda Jateng tahun 2018 turun hingga 12,7 persen dibanding tahun 2017. Dan kasus yang masih mendominasi sama seperti tahun lalu yakni kasus kejahatan konvensional seperti pencurian dengan kekerasan (curas), kasus narkoba dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Demikian disampaikan Kapolda Jateng, Irjen Pol Drs. Condro Kirono usai Konferensi Pers Akhir Tahun 2018 Polda Jateng yang dilaksanakan di Aula Mapolda Jateng, Senin (31/12/2018).

Sementara untuk bencana alam di Jateng selama 2018 juga mengalami penurunan, hanya saja untuk bencana angin puting beliung ada peningkatan. Tahun 2017 ada 80 kejadian putting beliung, dan tahun 2018 ada 187 kejadian.

Terkait hal tersebut, sudah disiagakan personel gabungan baik dari Kepolisian, SAR dan unsur TNI yang siap terjun bila dibutuhkan. “Polres-polres bersama SAR dan dinas terkait sudah mensiagakan personel, setiap saat petugas siap bila dibutuhkan,” tandasnya.

Sementara dalam pengamanan malam tahun baru, selain menyiagakan 16 ribu lebih personel, pengamanan akan dipertebal khususnya di area public yang merupakan pusat keramaian malam pergantian tahun.

“Yang menjadi pusat malam pergantian tahun ada di area public, seperti di alun alun, di hotel-hotel, dan obyek wisata,” ungkap Condro.

“Selain itu ada juga gereja yang melaksanakan kebaktian pergantian tahun, disana juga akan diamankan bersama unsur TNI dan ormas lainnya,” lanjut Condro.

Terkait ancaman bom, menurut Condro sejauh ini tidak ada terror, namun pihaknya sudah mengantisipasinya. “Ada petugas yang melakukan sweeping,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda menghimbau agar masyarakat melakukan perayaan tahun baru atau pergantian tahun dengan hal-hal yang positif, dan lebih tenang. “Saya menghimbau agar masyarakat merayakan malam pergantian tahun dengan tenang, dan banyak berdoa,” pungkasnya. (Nining)

 

Biro Semarang

Comments

comments