Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Selasa, Agustus 20, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Over Kapasitas, Lapas Semarang Pindahkan 38 Napi ke Nusakambangan
  • Follow Us!

Over Kapasitas, Lapas Semarang Pindahkan 38 Napi ke Nusakambangan 

BERITA SEMARANG – Akibat over kapasitas hunian, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang pindahkan sebanyak 38 Narapidana (Napi) ke Lapas Kelas IIA Permisan, Nusakambangan, Selasa (23/10/2018). Pemindahan itu, dimulai dengan pemberitahuan persuasif secara dadakan kepada para Napi untuk persiapan dan pengemasan barang bawaan.

Dengan pengawalan 6 petugas Lapas serta 2 orang petugas dari Kepolisian Sektor (Polsek) Ngaliyan Kota Semarang, pemindahan dilaksanakan sekitar pukul 22.45 WIB sesuai dengan Standar Operasional dan Prosedur (SOP) yang berlaku.

Kepada Beritaekspres.com, Kepala Lapas Semarang, Dadi Mulyadi menjelaskan, pelaksanaan redistribusi 38 Napi ke Lapas Permisan Nusakambangan adalah menindaklanjuti surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah tentang pemindahan narapidana.

“Saat ini kondisi Lapas Semarang sangat over kapasitas. Dengan kapasitas hunian 663 orang, per hari ini penghuni mencapai 1.691 orang yang terdiri dari narapidana dan tahanan,” jelas Dadi Mulyadi di Semarang, Rabu (24/10/2018).

Menurutnya, dengan kekuatan regu pengamanan 16 petugas setiap regu jaga, sangat tidak seimbang dengan jumlah penghuni saat ini. Namun dengan segala keterbatasan jumlah petugas yang ada, Lapas Semarang berkomitmen untuk selalu semangat dalam melaksanakan pekerjaan dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada Narapidana. (Nining)

 

Biro Semarang

Comments

comments