Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Oktober 23, 2019
Halaman Home » Pendidikan » PAUD Wijaya Kusuma Juara 1 Lomba Mewarnai Tingkat Kecamatan
  • Follow Us!

PAUD Wijaya Kusuma Juara 1 Lomba Mewarnai Tingkat Kecamatan 

BERITA BEKASI – PAUD Wijaya Kusuma, Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, raih juara 1 dalam lomba mewarnai anak usia dini tingkat Kecamatan dalam rangka meningkatkan kreatifitas PAUD yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi, khususnya bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Almira Yumna Aulia (5thn) anak bungsu dari Woro Tri Kurniawati, berhasil meraih tropi penghargaan dalam lomba mewarnai anak usia dini tingkat Kecamatan dampingi gurunya, Ny. Jubaidah bersama Neneknya, Ny. Puji Astuti yang tak lain pemilik PAUD Wijaya Kusuma Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

Kepada Beritaekspres.com, pemilik Paud Wijaya Kusuma, Puji Astuti mengapresiasi atas penyelenggaraan kreatifitas PAUD khususnya anak usia dini yang rutin diadakan setiap tahunnya oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Pendidikan Bidang Pendidikan Anak usia Dini (PAUD).

Menurutnya, pendidikan anak usia dini (PAUD) merupkan jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut yang diselenggarakan pada jalur formal, non-formal dan informal.

“Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, sosio emosional bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini,” terangnya, Rabu (19/9/2018).

Lebih lanjut, Puji Astuti mengatakan, ada dua tujuan diselenggarakannya PAUD yang pertama, untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya, sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.

Kedua katanya, untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah. Rentangan anak usia dini sesuai Pasal 28 UU Sisdiknas No.20 Tahun 2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. “Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya dibeberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Paud pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Agustini Sri Wahyuni mengatakan, bahwa kegiatan kreativitas PAUD merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan bidang PAUD. Dari 23 Kecamaatan, setiap Kecamatan, mengirimkan 5 PAUD terbaik dan berpretasi untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan.

“Tiap Kecamatan mengirimkan 5 PAUD terbaik dan berpretasi. Kegiatan kreativitas yang di gelar sekitar 800 anak PUAD merupakan kegiatan rutin yang diadakan tiap tahunnya diantaranya, lomba sholat berjamaah, menari, menggambar dan menghafal doa,” katanya, Selasa (18/9/2018) kemarin.

Di Kabupaten Bekasi sendiri sambung Sri, terdapat 1400 PAUD yang tersebar 23 Kecamatan yang ada. Rata-Rata PAUD yang ada di Kabupaten Bekasi kebanyakan di kelola swasta atau masyarakat. Smentara untuk negeri baru ada dua yakni, Cikarang Utara dan Cikarang Selatan.

PAUD dalam menjalankan operasional pendidikan mendapatkan bantuan operasional melalui bantuan dari pusat yaitu Bantuan Operasional Pendidikan (BOP). “Yang mendapatkan BOP itu tidak seluruh PUAD, tetapi PAUD yang sudah memenuhi persyaratan penerima bantuan,” ungkapnya. 

Agustini pun berharap kompetensi guru-guru PAUD baik itu PAUD formal maupun non formal harus meningkat seiring dengan kebutuhan anak didik terutama untuk pendidikan karakter diusia dini. “Peran Pemda melalui Dinas Pendidikan akan terus berupaya dengan berbagai bintek dan pelatihan buat guru,” pungkasnya. (De/Mul)

 

Biro Kabupaten Bekasi

Comments

comments