Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Juli 21, 2019
Halaman Home » Pendidikan » Belajar Mandiri, SDIT Kota Banjar Gelar Perkemahan Dua Hari
  • Follow Us!

Belajar Mandiri, SDIT Kota Banjar Gelar Perkemahan Dua Hari 

BERITA BANJARSebanyak 110 anak, siswa-siswi kelas IV dan kelas V Sekolah Dasar Insantama (SDIT) Kota Banjar, Jawa Barat, menggelar Perkemahan Duta Insantama, Kamis-Jumat 7 September 2018 bertempat di Lapang Sepak Bola Blok Cikadu, Lingkungan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.

Dimana kegiatan Pramuka tersebut, bertujuan melatih kemandirian dan keberanian siswa-siswi kelas IV dan kelas V Sekolah Dasar Insantama (SDIT) Kota Banjar, baik pada saat sedang berada dilingkungan sekolah maupun di luar Rumah.

Kepada Beritaekspres.com, Ketua Pelaksana Perkemahan Duta Insantama, Bangga Berliana Hamara mengatakan, bahwa kegiatan Perkemahan Duta Insantama, kali ini mengambil tema “ Menempa Diri, Menjadi Muslim Sejati”, dan diikuti sekitar 110 anak, siswa-siswi kelas IV dan kelas V Sekolah Dasar Insantama (SDIT) Kota Banjar.

“Kegiatan Perkemahan Duta Insantama ini, digelar selama dua hari yaitu pada Kamis dan Jumat  Tanggal 6 dan 7 September 2018. Dengan diisi beberapa agenda acara, diantaranya pendirian tenda, games, dinamika kelompok, penjelajah alam, dan keagamaan,” jelasnya, Kamis (6/9/2018).

Dikatakan Berliana, banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan Perkemahaan Duta Insantama ini, diantaranya manfaat utama dari perkemahaan yang bias diambil yaitu dapat menumbuhkan keberanian pada diri setiap anak.

Terutama sambung Berliana, keberanian untuk sementara waktu berjauhan dengan orang tuanya sehingga mental anak menjadi kuat dan tidak mudah cengeng.

“Perkemah juga melatih keberanian anak untuk menjadi seorang pemimpin regu, atau setidaknya berani untuk dipimpin secara baik,” katanya

Selain itu, lanjutnya, melatih kemandirian dan disiplin yang mana kegiatan ini dapat dilakukan. Oleh semua siswa. Sebisa mungkin, mereka akan belajar menjaga barang-barang yang dia bawa, mengemas barang-barangnya kembali setelah digunakan dan melakukan kegiatan untuk kebutuhan dirinya secara mandiri tanpa bergantung pada orang tuanya.

“Kegiatan perkemah juga mengedepankan kedisiplinan seperti tidur, bangun tidur, makan, mandi dan menyelesaikan tugas yang diberikan pemimpin regu tepat pada waktunya,” jelas Berliana.

Diharapkan tambah Berliana, dengan adanya kegiatan Perkemahaan Duta Insantama ini, tidak lain melatih anak dapat beradaptasi pada lingkungan baru, anak yang dibiasakan ikut serta kegiatan berkemah, nantinya mereka lebih supel dan mudah beradaptasi dengan lingkungan dan teman-temannya.

“Tentu saja, kegiatan perkemah akan mengajarkan anak mengenali lingkungan baru di sekitarnya dan mengenal teman-teman. Lokasi perkemahan yang diadakan di alam terbuka sangat baik untuk membuat kecerdasan natural yang dimiliki oleh setiap anak,” pungkasnya. (Baehaki Efendi)

Biro Kota Banjar

Comments

comments