Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, Januari 20, 2020
Halaman Home » Nasional » Presiden Lepas Pasukan Garuda Penjaga Perdamaian Dunia
  • Follow Us!

Presiden Lepas Pasukan Garuda Penjaga Perdamaian Dunia 

BERITA BOGOR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa bangganya. Bukan hanya karena perolehan 30 medali emas yang dipersembakan atlet-atlet Indonesia di Asian Games 2018, tetapi juga melepas Kontingen Garuda untuk misi perdamaian di Republik Demokratik Kongo dan Libanon.

“Hari ini Indonesia bangga, bangga turut menjaga perdamaian dan ketertiban dunia dan itu adalah amanat konstitusi kita, sebagai wujud kontribusi Indonesia untuk dunia,” kata Presiden Jokowi di Sentul Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/8/2018) pagi.

Menurut Presiden, Indonesia mempunyai sejarah panjang dalam perdamaian dunia. Kontingen Garuda telah berada di Sinai sejak 1957, hanya satu dekade sejak kemerdekaan Indonesia. Sejak tahun 1957, Indonesia telah mengirimkan lebih dari 38.000 pasukan penjaga perdamaian PBB.

Saat ini, lanjut Presiden, Indonesia masuk dalam jajaran 10 besar negara pengirim pasukan pemelihara perdamaian PBB. Dan dengan keberangkatan hari ini, maka pasukan Indonesia yang bertugas saat ini berjumlah 3.532 personil.

“Artinya, kita telah mencapai 88,3 persen dari target 4.000 personil yang kita canangkan,” kata Presiden Jokowi seraya menginstruksikan, agar target 4.000 segera tercapai.

Presiden Jokowi juga menyampaikan kebanggaannya yang lain pada kontingen Garuda, karena akan memakai produk strategis dalam negeri dalam menjalankan misinya, menggunakan alutsista buatan anak bangsa.

“Ini sekaligus menjadi etalase bagi kehandalan produk industri strategis negara kita Indonesia,” ucap Presiden. (Fid/Agg/Es)

Comments

comments