Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Juli 17, 2019
Halaman Home » Parlementaria » DPR Pastikan Pelayanan Jemaah Haji Indonesia Berjalan Baik
  • Follow Us!

DPR Pastikan Pelayanan Jemaah Haji Indonesia Berjalan Baik 

BERITA JAKARTA – Tim Pengawas (Timwas) Haji yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR-RI, Fadli Zon dan Wakil Ketua DPR-RI, Fahri Hamzah bertemu dengan ratusan petugas haji dari Indonesia di Mekkah, Arab Saudi. Delegasi DPR-RI ingin memastikan pelayanan terhadap jemaah haji Indonesia berjalan dengan baik. 

Selain unsur Pimpinan, delegasi DPR juga diikuti oleh Ketua Komisi VIII DPR-RI Ali Taher, Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI Ace Hasan Syadzily serta sejumlah Anggota Dewan lainnya. Acara ‘Konsolidasi Petugas Haji untuk Persiapan Armina’ itu dilaksanakan di Hotel Al Wehdah Tower, Jarwal, Mekkah, Rabu (15/8/2018).

Pimpinan Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) itu meminta agar jemaah haji Indonesia yang notabene adalah rombongan jemaah haji terbesar dilayani dilayani dengan baik agar mereka merasa seperti di Tanah Air.

“Perlu agar jemaah bisa merasa seperti di rumah sendiri. Dan mudah-mudahan tahun depan kita bisa meningkatkan kuota menjadi 250 ribu jemaah. Karena antrean di Tanah Air begitu banyak,” ujar Fadli.

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan, menjadi petugas haji tidaklah mudah, karena mereka harus melayani ribuan jemaah dengan latar belakang yang cukup heterogen. Ia mendorong petugas haji tetap semangat dalam menjalankan tugasnya.

“Tentu ini pekerjaan yang sulit, karena seringkali pengetahuan dan juga adaptasi terhadap jemaah haji yang didampingi. Kita berharap para petugas haji kita tetap semangat serta bisa melindungi dan betul-betul bisa melayani seluruh jemaah haji kita yang jumlahnya 221 ribu orang,” harap Fadli.

Pelaksanaan pengawasan ini untuk memastikan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah seperti akomodasi, transportasi, katering dan kesehatan berjalan dengan sebaik-baiknya. Delegasi DPR-RI mendengarkan, mengumpulkan informasi dan data tentang permasalahan penyelenggaraan ibadah haji sehingga nanti bias merumuskan rekomendasi untuk perbaikan dan evaluasi pelaksanaan ibadah haji tahun depan.

Delegasi DPR RI juga menyempatkan bertemu dengan jemaah haji Indonesia yang akan berangkat ke Masjidil Haram. Fadli meminta seluruh jemaah haji tetap menjaga kesehatan menjelang puncak haji di Arafah. Ia berharap, jemaah haji Indonesia selalu diberikan kelancaran, kemudahan dan keselamatan dalam beribadah.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi VIII DPR-RI Ali Taher menambahkan, bahwasanya kehadiran delegasi DPR di Arab Saudi juga merupakan bentuk kerja nyata dari sisi pengawasan. Dari pengawasan itu, menurut politisi PAN itu, pelayanan terhadap jemaah bisa dimaksimalkan.

Dalam menjalankan fungsi pengawasan ini, Delegasi DPR-RI bertemu langsung dengan pihak penyelenggara pelaksanaan haji, diantaranya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali. Ikut hadir pula Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh. (es/sf)

Comments

comments