Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, Desember 6, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » KPU Bakal Tindaklanjut Laporan Warga Terkait Caleg Bermasalah
  • Follow Us!

KPU Bakal Tindaklanjut Laporan Warga Terkait Caleg Bermasalah 

BERITA TEGAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, sudah menetapkan dan mengumumkan 546 Daftar Caleg Sementara (DCS) dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Masyarakat, bisa memberikan tanggapan sebelum mereka ditetapkan sebagai Daftar Caleg Tetap (DCT).

Kepada Beritaekspres.com, Komisioner KPU Kabupaten Tegal Divisi Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara Sokhidin mengatakan, penetapan 546 DCS setelah dilakukan evaluasi verifikasi kelengkapan berkas persyaratan bakal caleg pada 8-12 Agustus. “DCS diumumkan tiga hari mulai tanggal 12 Agustus untuk mendapat tanggapan dari masyarakat,” kata Sokhidin.

DCS itu sambungnya, diumumkan di kantor dan website KPU Kabupaten Tegal, kantor Kelurahan/Desa serta di media. Setelah mencermati pengumuman nama-nama daftar caleg tersebut, masyarakat bisa memberikan tanggapan ke KPU pada 12-20 Agustus.

“Jika ada tanggapan masyarakat terkait bakal caleg yang arahnya tak memenuhi syarat, seperti pernah menjadi narapidana kasus korupsi, narkoba, atau kejahatan seksual, maka kami akan lakukan evaluasi,” ungkap Sokhidin.

Tanggapan tersebut, bisa disampaikan langsung ke kantor KPU atau melalui panitia pemilihan di tingkat Desa dan Kecamatan. Tanggapan yang masuk nantinya akan menjadi pertimbangan KPU sebelum menetapkan DCS menjadi DCT pada 20 September mendatang.

“Termasuk juga jika ada bakal caleg yang terindikasi menggunakan ijasah palsu. Silahkan masyarakat berikan tanggapan, kami akan melihat dan menindaklanjuti,” tandasnya.

Sebelumnya, Sokhidin mengungkapkan dari 561 bakal caleg yang didaftarkan parpol, 15 diantaranya dicoret karena tidak memenuhi syarat. Mereka tak melengkapi berkas persyaratan sehingga dinyatakan tidak memenuhi syarat. (Boy Rasta)

Biro Tegal

Comments

comments