Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Kamis, Juli 18, 2019
Halaman Home » Pendidikan » Calon Paskibraka Ponorogo Diajak Cintai Nasionalisme Bangsa
  • Follow Us!

Calon Paskibraka Ponorogo Diajak Cintai Nasionalisme Bangsa 

BERITA PONOROGO – Pendidikan dan latihan yang ditempuh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Ponorogo telah memasuki tahapan Bimbingan dan Pengasuhan (Bimsuh) yang dilaksanakan lintas instansi di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Dandim 0802 Ponorogo Letnan Kolonel Inf Made Sandy Agusto yang telah berpengalaman melaksanakan pembinaan Paskibraka menularkan pengalamannya untuk membentuk Paskibraka Kabupaten Ponorogo yang lebih dapat diandalkan, bukan mahir dalam pengibaran bendera pusaka namun mereka disiapkan untuk menjadi contoh dan tauladan bagi pemuda-pemudi seangkatannya dalam cinta tanah air yang berwawasan kebangsaan dan bela Negara. 

Untuk itu, satuan Kodim 0802 Ponorogo menyediakan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan Paskibraka Kabupaten Ponorogo yang telah teroganisir di dalam Desa Bahagia Paskibraka dilingkungan Makodim 0802 Ponorogo.

Guna menjalani pendidikan dan latihan Paskibraka, calon Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Ponorogo memasuki lingkungan Makodim 0802 Ponorogo yang disambut dengan Tradisi satuan Kodim 0802 Ponorogo oleh Anggota Kodim 0802 Ponorogo yang dipimpin langsung Dandim 0802 Ponorogo Letnan Kolonel Inf Made Sandy Agusto, Minggu (5/8/2018) kemarin sore.

Diiringi lantunan lagu-lagu Nasional, 70 orang Paskibraka Kabupaten Ponorogo yang didampingi Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Ponorogo berbagai angkatan, memasuki pintu gerbang Makodim 0802 Ponorogo dengan langkah tegap yang menggambarkan kesiapan para pemuda-pemudi terpilih ini untuk mengibarkan Sang Merah Putih di ujung tiang tertinggi dalam Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 pada tanggal 17 Agustus 2018 nanti.

Kehadiran mereka di Makodim 0802 Ponorogo disambut langsung Dandim 0802 Ponorogo Letnan Kolonel Inf Made Sandy Agusto, Kasdim 0802 Ponorogo beserta Staf, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Ponorogo beserta Staf dan Pendamping serta Pendukung kegiatan latihan Paskibraka Kabupaten Ponorogo tahun 2018.

Tampak wajah optimis dan gembira terpancar dari wajah-wajah anggota Paskibraka yang berhasil menyisihkan ribuan pemuda-pemudi Kabupaten Ponorogo melalui seleksi yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Setelah diterima unsur Pimpinan Kodim 0802 Ponorogo dan Dispora Kabupaten Ponorogo, anggota Paskibraka Kabupaten Ponorogo tahun 2018 melanjutkan kegiatan pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan Poskes 05.10.01 Ponorogo yang dipimpin Pelda Widodo dan Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo.

Langkah itu, untuk memeriksa kondisi kesehatan anggota Paskibraka dalam melaksanakan pendidikan dan latihan Pengibaran Bendera Pusaka Merah Putih dan pelatihan-pelatihan pendukung lainnya selama berada di lingkungan Desa Bahagia Paskibraka yang mengambil tempat di Makodim 0802 Ponorogo.

Usai menjalani pemeriksaan kesehatan, anggota Paskibraka Kabupaten Ponorogo menerima pembagian perlengkapan selama mereka berada di lingkungan Desa Bahagia Makodim 0802 Ponorogo antara lain perlengkapan tempat tidur, perlengkapan MCK dan keperluan pribadi lainnya.

Selanjutnya anggota Paskibraka Kabupaten Ponorogo memasuki lapangan Makodim 0802 Ponorogo untuk persiapan melaksanakan Upacara Pembukaan Pendidikan dan Latihan Paskibraka Kabupaten Ponorogo tahun 2018. 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara pembukaan Diklat Paskibraka Kabupaten Ponorogo tahun 2018 adalah Kasdim 0802 Ponorogo Mayor Inf M. Yusup yang menyampaikan selamat datangn kepada anggota Paskibraka Kabupaten Ponorogo di Makodim 0802 Ponorogo.

“Tujuan pelaksanaan Diklat selama berada di lingkungan Desa Bahagia Paskibraka yang bertempat di Makodim 0802 Ponorogo ini adalah untuk menciptakan rasa kebersamaan dalam kekompakan, memupuk rasa persaudaraan antar anggota Paskibraka dan yang lebih penting lagi, dengan pemusatan Diklat di Lingkungan Desa Bahagia ini adalah melatih anggota Paskibraka hingga pada tingkat Perintis, sehingga mahir dalam pengibaran Sang Merah Putih pada tanggal 17 Agustus 2018 nanti,” terang Mayor Inf M. Yusup.

Disamping itu, menurutnya, selama berada dalam Bimsuh pelatih, pendamping dan pendukung Diklat Paskibraka tahun 2018 ini, akan diberikan materi-materi wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan bela Negara.

Sementara itu, satuan Kodim 0802 Ponorogo telah menyiapkan fasilitas-fasilitas pendukung pelaksanaan Diklat Paskibraka Kabupaten Ponorogo tahun 2018 berupa 4 unit Mess yaitu Mess Sudirman, Mess Diponegoro, Mess Tjut Nyak Dien dan Mess RA Kartini yang menempati bangunan Makodim 0802 Ponorogo yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga sangat nyaman bagi anggota Paskibraka melaksanakan pemusatan Diklat di Makodim 0802 Ponorogo.

Disamping itu, satuan Kodim 0802 Ponorogo juga menyediakan sarana MCK yang layak, perlengkapan tempat tidur dan keperluan pribadi yang cukup bagi seluruh warga Desa Bahagia Paskibraka Kabupaten Ponorogo tahun 2018. (Muh Nurcholis)

Biro Ponorogo

Comments

comments