Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Juni 16, 2019
Halaman Home » Bekasi Kota » NF Gugat ke MK, Minta Rekapitulasi Pilkada Kota Bekasi Dibatalkan
  • Follow Us!

NF Gugat ke MK, Minta Rekapitulasi Pilkada Kota Bekasi Dibatalkan 

BERITA JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Kepala Daerah, Jumat (27/7/2018).

Persidangan kali ini adalah tahapan pemeriksaan pendahuluan. Salah satu perkara yang diajukan gugatannya adalah Pilkada Kota Bekasi.

Gugatan itu, diajukan pasangan calon Nur Supriyanto-Adhy Firdaus Saady melalui gugatan ke MK bernomor perkara 27/PHP.KOT-XVI/2018. Dalam sidang pemeriksaan pendahuluan, pemohon diwakili kuasa hukum Bambang Sunaryo.

Dalam permohonan gugatannya, Mahkamah Konstitusi diminta membatalkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Kota Bekasi karena dinilai ada kejanggalan terkait rekapitulasi tersebut.

“Meminta Mahkamah Konstitusi untuk membatalkan rekapitulasi hasil penghitungan suara,” kata Bambang dalam permohonan gugatan kliennya.

Sebelumnya, hasil rapat pleno penghitungan suara KPU Kota Bekasi memutuskan pasangan Rahmat Effendi-Tri Adhianto meraih suara terbanyak 697.634.

Kemudian, pasangan Nur Suprianto-Adhy Firdaus memperoleh 335.900 suara. Namun, jumlah DPT di Kota Bekasi diduga tidak sesuai dengan jumlah warga Bekasi yang memiliki hak suara.

“DPT-nya jomplang, orang Bekasi ini punya hak pilih kurang lebih 2 juta, tetapi yang terdaftar hanya 1,4 juta, bisa juga yang 600.000 itu pendukung Nur Supriyanto-Adhy Firdaus,” Bambang beberapa waktu lalu. (***)

Sumber: Kompas.com

Comments

comments