Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Juli 17, 2019
Halaman Home » Parlementaria » DPR Bakal Tingkatkan Kemitraan Dengan Kawasan Pasifik
  • Follow Us!

DPR Bakal Tingkatkan Kemitraan Dengan Kawasan Pasifik 

BERITA JAKARTA – Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR-RI Juliari Batubara menegaskan, DPR akan terus meningkatkan kemitraan dengan berbagai negara di Kawasan Pasifik. Hal ini penting untuk meningkatkan berbagai potensi yang bisa dimanfaatkan, seperti blue economic, pembangunan manusia dan menjaga keanekaragaman hayati.

Juliari menuturkan kegiatan Indonesia – Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) yang digelar di Jakarta, 23-24 Juli 2018 ini bertujuan untuk mendekatkan hubungan Indonesia dengan negara Kawasan Pasifik yang selama ini belum terjalin secara akrab.

“Melalui kegatan IPPP ini, kita berharap adanya kemitraan yang lebih akrab antara Indonesia dengan Pasifik. Selama ini memang kerja sama antara negara Pasifik tidak terlalu digarap,” ungkap Juliari di sela-sela forum IPPP di Jakarta, Senin (23/7/2018).

Politisi PDI-Perjuangan ini menuturkan bahwa pertemuan ini berperan guna  meningkatkan kualitas kemitraan antar parlemen, tidak saja diplomatis tapi juga kemitraan di bidang ekonomi.

Hal lain, lanjut Juliari juga meminta agar negara Pasifik turut berperan dalam menjaga kedaulatan Papua sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), karena isu-isu global terkait Papua bisa diselesaikan secara regional.

“Papua sebagai wilayah NKRI tentunya kita berkepentingan untuk terus dan selalu dapat dukungam atas kedaulatan Papua sebagai bagian dari NKRI dan ini tidak lepas dari hubungan kemitraan dengan negara Pasifik,” jelas Juliari.

Sehingga, tambah politisi yang juga Anggota Komisi VI DPR RI itu, hubungan Indonesia dengan negara Kawasan Pasifik harus dilakukan secara berkelanjutan. Samudera Pasifik bukan lagi menjadi pemisah antara Indonesia dengan negara Kawasan Pasifik, tetapi telah berhasil sebagai medium yang menyatukan agar ke depan terjalin hubungan erat. (Par/Hs/Sf)

Comments

comments