Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Februari 29, 2020
Halaman Home » Berita Lain » Dengan Perda dan Pergub Diharapkan Anak Mendapat Kepastian Haknya
  • Follow Us!

Dengan Perda dan Pergub Diharapkan Anak Mendapat Kepastian Haknya 

BERITA SEMARANG – Meski banyak program dan kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk implementasi UU perlindungan anak, namun pemenuhan hak dan perlindungan anak masih dirasa belum optimal dikarenakan masih banyaknya anak yang belum memiliki akta kelahiran.

Hal itu dikatakan Sekretaris Komisi E DPRD Jateng, Abdul Hamid saat diskusi Prime Topic yang digelar Trijaya FM dengan tema ‘Melindungi dan Mensejahterakan Anak’ yang berlangsung di Hotel Quest Semarang, Senin (23/7/2018).

Selain itu, kasus bullying dan kekerasan seksual masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan karena menyangkut hak-hak dan perlindungan anak. 

“Saat ini sudah ada Perda yang mengatur mengenai persoalan anak, tinggal menunggu Pergub yang akan mengatur secara teknis pelaksanaan Perda tersebut,” jelasnya.

“Kita harapkan implementasi pelaksanaan Perda akan ada tim pembina keluarga di tingkat Provinsi, kabupaten, dan kota yang nantinya akan terjun langsung ke masyarakat, yakni Pemprov sebagai koordinator dan Pemkot pelaksananya,” kata Abdul Hamid.

Menurutnya, Perda tersebut merupakan peraturan baru yang akan mengatur tentang kekeluargaan, hak asuh anak, dan perwalian. “Perda tersebut merupakan Perda baru yang telah disesuaikan dengan kondisi yang terjadi saat ini,” imbuhnya.

Sementara Pemprov sendiri cukup menaruh perhatian pada upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak. Dengan adanya Perda No. 7 Tahun 2013 tentang penyelenggaran perlindungan anak, dan Pergub No. 74 tahun 2014, diharapkan mampu menjadi payung hukum agar anak benar-benar mendapat kepastian akan haknya. (Nining)

 

Biro Semarang

 

Comments

comments