Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, September 23, 2018
Halaman Home » Megapolitan » KORPRI DKI Jakarta Menuju Perubahan Berkwalitas dan Amanah
  • Follow Us!

KORPRI DKI Jakarta Menuju Perubahan Berkwalitas dan Amanah 

BERITA JAKARTA – Mantan Kepala Suku Dinas (Kasudin) Perumahan Jakarta Timur era tahun 2006 yang memasuki purna bakti tahun 2017, kini berprofesi sebagai Advokat, Joko Sutrisno Dawoed, merasa terpanggil untuk menbantu Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tergabung dalam KORPRI yang terkena masalah hukum.

Kepada Beritaekspres.com, Dawoed mengatakan, saat ini Kepala UPT KORPRI, Didik telah membuat suatu terobosan untuk bekerja sama dengan organisasi profesi Posbakumadin Jakarta dalam rangka pemberihan konsultasi gratis dibidang hukum bagi karyawan Pemda DKI Jakarta yang diadakan seminggu sekali (Rabu) di Kantor KORPRI DKI Jakarta Jalan Abdul Muis Jakarta Pusat.

Dikatakan Dawoed, dirinya sudah memberikan masukan kepada pihak KORPRI Prov. DKI Jakarta dalam hal ini dengan Staf UPT untuk kedepannya KORPRI DKI Jakarta harus bisa berbuat banyak untuk mensejahterahkan dan melindungi para anggotanya termasuk memberikan bimbingan serta dampingan pembelaaan terhadap para anggotanya maupun keluarganya yang terkena masalah hukum.

“Saya secara pribadi memberikan apresiasi kepada bapak Anies selaku Gubernur DKI Jakarta dan Sandi selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta melalui UPT KORPRI DKI Jakarta yang telah melaksanakan sebagai makna dari Peraturan Pemerintah dan Undang-Undang yang ada,” jelasnya, Selasa (10/7/2018).

Dawoed menjelaskan pada PP No. 11 Tahun 2017 Pasal 308 jo Undang – Undang No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara ( ASN) khusus Pasal 92 berbunyi, ayat (1) Pemerintah wajib memberikan perlindungan, (a) jaminan kesehatan, (b) jaminan kecelakaan kerja, (c) jaminan kematian dan (d) Bantuan hukum, bantuan hukum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf (d) berupa pemberian bantuan hukum dalam perkara yang dihadapi di Pengadilan terkait pelaksanaan tugas.

Dengan demikian lanjutnya, sepanjang pegawai dalam melaksanakan tugas apakah yang bersangkutan selaku PPK, PPTK, PPHP, Bendahara dan sebagainya makna dari Undang – Undang tersebut wajib diberikan dampingan maupun pembelaan, mengingat azas praduga tidak bersalah yang harus dikedepankan.

“Saya mencoba salah satu permasalahan yang dihadapi oleh para anggotanya/pegawai yang saat ini sudah cukup bbnyak tersandung kasus tindak pidana korupsi, namun tidak ada satupun upaya pendampingan, baik pada saat pemeriksaan awal maupun pembelaan pada saat persidangan dari korpsnya maupun dari biro hukum,” katanya.

Saya menyadari sambung Dawoed, pegawai yang terkena kasus tindak pidana korupsi itu adalah tanggung jawab pribadi atau person pegawai yang harus dipertanggung jawabkan oleh pegawai itu sendiri, akan tetapi pegawai itu sendiri bisa berbuat seperti itu, karena dalam kontek melaksanakan tugas atau pekerjaan, seharusnya dalam persoalan tersebut seyogjanya diberikan dampingan maupun pembelaan pada saat persidangan.

“Hal inilah yang sebenarnya salah satu tugas dari para pengurus KORPRI, tentunya yang harus ditanyakan kepada yang bersangkutan terlebih dahulu apakah mau di dampingi oleh korpsnya,” kata Dawoed lagi.

Lebih lanjut Dawoed menjelaskan, perlu diketaui seseorang yang terkena jeratan hukum tindak pidana korupsi tidak semua punya niatan, tetapi ada juga dikarenakan sistim dan, penzoliman dan biasanya dikaitkan dengan Pasal 55 yakni secara berasa sama, inilah Pasal sapu jagatnya, namun kesemuanya tersebut perlu dilakukan pendampingan dan pembelaan terlepas yang nantinya terbukti bersalah dan tidak bersalah kita selalu menjunjung tinggi azas praduga tidak bersalah.

“Saya masih ingat salah satu bentuk penzoliman terjadi yang dialami oleh pak Sandi pada saat diangkat menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta ada pengaduan kasus lama yang telah usang dan telah dilakukan pemeriksaan di Polda Metro Jaya, akan tetapi Allah melindungi pak Sandi, sehingga selesai dengan sendirinya,” pungkas Dawoed. (Bambang)

Related posts:

Bagikan..Pin on PinterestShare on FacebookPrint this pageShare on StumbleUponTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someoneShare on RedditShare on Google+

Comments

comments