Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, November 13, 2019
Halaman Home » Pendidikan » Tasyakuran, Retro Targetkan Sekolah Gratis di Kota Bekasi
  • Follow Us!

Tasyakuran, Retro Targetkan Sekolah Gratis di Kota Bekasi 

BERITA BEKASIUntuk mewujudkan pendidikan gratis dan wajib belajar 12 tahun, Walikota terpilih Pilkada Kota Bekasi (Petahana) Dr. H. Rahmat Effendi dan Tri Adhianto (Retro) periode 2018-2023, akan meminta sebagian kewenangan kepada Gubernur Jawa Barat, terkait penyediaaan sarana prasarana dan biaya SPP.

Hal itu disampaikan Rahmat, dalam acara Tasyakuran dan Coffe Morning yang berlangsung dikediamannya di Pekayon Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (2/7/2018).

“Saat ini, Sekolah Dasar Negeri dan SMP Negeri sudah digratiskan,” terang Rahmat dalam acara Tasyakuran dan Coffe Morning pemenangan Rahmat Effendi – Tri Adhiyanto.

Namun sambung Rahmat, pihaknya pun masih berharap agar sekolah di SMAN dan SMK Negeri di Kota Bekasi juga bisa digratiskan.

Diungkapkan Rahmat, setelah diover alih kewenangannya ke Provinsi pihak Kota Bekasi tidak lagi memiliki kewenangan.

Namun lanjut Rahmat, karena yang sekolah adalah warga Kota Bekasi, maka Pemkot Bekasi masih berharap bisa memperhatikan dan memberi bantuan.

“Saya ingin mengambil tanggung jawab Gubernur Jawa Barat, mengenai pendidikan 12 tahun atau jenjang SMA/SMK,” ungkapnya.

Dikatakan Rahmat, peralihan pendidikan 12 tahun SMA/SMK itu sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 diambil alih Provinsi.

“Sekarang ini Provinsi belum mampu membiayai SMA/SMK Negeri. Jadi, saatnya kita ambil kewajiban Gubernur, kita ambil dan kita gratiskan. Saya rasa semua warga Kota Bekasi ingin SMA/SMK gratis,” jelasnya.

Masih kata Rahmat, kebijakan sekolah gratis sampai 12 tahun merupakan suatu kewajiban setiap daerah, apalagi hal tersebut terdapat dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

“Jadi bagi saya dan Mas Tri, dalam pembukaan amanat UU Dasar 1945, negara wajib mensejahterakan rakyatnya,” ucap Rahmat.

Ditambahkan Rahmat, kata menyejahterakan itu, adalah untuk rakyat. Jadi kita pikirkan ini, bagaimana pendidikan gratis dan kesehatan gratis. 

“Insya Allah Kota Bekasi akan jauh lebih sejahtera bila kita bersama-sama menyatukan langkah dan hati kita untuk Kota Bekasi. Terimakasih, salam kebajikan,” pungkasnya. (Edo)

Comments

comments