Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, Januari 18, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Rukma Tegaskan, Jangan Ada Pemilih Ganda
  • Follow Us!

Rukma Tegaskan, Jangan Ada Pemilih Ganda 

BERITA SEMARANG – Jawa Tengah, secara serentak akan menggelar Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur pada 27 Juli 2018, di mana ada tujuh daerah menggelar Pemilihan Bupati/Wali Kota. Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi mengingatkan kepada KPU dan Panwas supaya memastikan kembali validasi data pemilih agar tidak ada pemilih ganda.

“Terlebih lagi distribusi surat suara beserta perlengkapan lainnya bisa benar-benar sampai ke masing-masing tempat pemungutan suara (TPS),” ujar Rukma saat diskusi Prime Topic Radio MNC, di Hotel Getz, Semarang yang bertema ‘Pilkada Damai’, Selasa (26/6/2018).

Menurut Rukma, data pemilih sangatlah penting untuk menentukan hasil Pilkada. Dan data pemilih bisa menjadi bumerang bagi penyelenggaraan Pilkada. Karena selisih satu suara bisa berujung pada permasalahan. Untuk itu DPT ganda harus dihindari.

“Kami berharap isu SARA jangan sampai dijadikan patokan dalam pemilihan. Pilih yang terbaik dan objektif,” tandasnya. 

Sementara Karoops Polda Jateng, AKBP Hariyanto menyampaikan, Polda Jateng telah menggelar Operasi Mantap Praja Candi dari 5 Januari hingga 31 Juli 2018. Polri juga telah menugaskan 21.000 personel dan dibantu 9.000 anggota TNI.

“Polri memfokuskan pengamanan di area logistik seperti kotak suara yang ada di tiap TPS. Dan Polri sendiri menambah power untuk terus menyongsong pengamanan hingga penetapan Gubernur mendatang,” kata Hariyanto

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo menambahkan bahwa kewajiban KPU adalah menindaklanjuti rekomendasi yang diajukan dari pemerintah. Data yang tercatat di KPU sudah ada 63.973 TPS dengan 27 juta DPT di Jateng, diantaranya 5.056 adalah untuk yang berkebutuhan khusus. 

Menurutnya, di setiap TPS sudah disiapkan untuk pemilih yang berkebutuhan khusus. “Kita juga telah siapkan kapal untuk daerah yang menyebarang, kita kerahkan Polri untuk membantu membopong lansia yang ingin mendatangi TPS,” tandasnya. (Nining)

Biro Semarang

Comments

comments