Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Selasa, Februari 18, 2020
Halaman Home » Berita Daerah » GSBI Karawang Dukung Perjuangan Buruh PT. AM-V Sukabumi
  • Follow Us!

GSBI Karawang Dukung Perjuangan Buruh PT. AM-V Sukabumi 

BERITA KARAWANG – Peristiwa PHK sepihak yang dilakukan perusahaan PT. Ayam Manggis V Kabupaten Sukabumi terhadap Ketua Serikat Buruh Peternakan Gabungan Serikat Buruh Indonesia (SBP-GBI) Sandi Sutrisno terus menuai protes dan dukungan dari berbagai aliansi buruh se-Jawa Barat.

Kali ini, dukungan datang dari Komite Pimpinan Cabang Gabungan Serikat Buruh Indonesia (KPC-GSBI) Kabupaten Karawang.

“Kepada kawan – kawan sekalian yang militan dan patriotik kami atas nama KPC GSBI Kabupaten Karawang mendukung penuh perjuangan buruh dan serikat buruh PT. Ayam Manggis V yang hingga hari ini masih terus berjuang,” terang Ketua KPC-GSBI, Diki Iskandar kepada Beritaekspres.com, Selasa (26/6/2018).

Sebelumnya, peristiwa pemogokan buruh PT. Ayam Manggis V terjadi pada Rabu 13 Juni 2018, lantaran pihak perusahaan melakukan PHK terhadap karyawannya yang bernama, Sandi Sutrisno.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Serikat Buruh PT. Ayam Manggis V itu diberhentikan Senin 18 Juni 2018 dengan alasan habis massa kontrak.

“Untuk itu kami menyerukan agar kita semua memberikan dukungan kepada kawan-kawan yang masih berjuang melawan PHK terhadap Sandi Sutrisno Ketua Serikat Buruh dan melawan kebijakan managemen PT. Ayam Manggis V yang patut di duga melakukan pelanggaran norma kerja termasuk pelanggaran atas kebebasan berserikat,” ungkapnya.

Kami juga lanjut Diki, mengecam keras prilaku PT. Ayam Manggis V yang patut dapat diduga telah melakukan pemberangusan Serikat Buruh (Union Busting) dengan melakukan PHK sepihak terhadap Sandi Sutrisno Ketua Serikat Buruh Independen.

Dalam hal ini tambahnya, KPC-GSBI Karawang juga mendukung penuh  DPC-GSBI Kabupaten Sukabumi yang telah melaporkan PT. Ayam Manggis V kepada Pengawas Ketenagakerjaan Disnakertrans Provinsi Jawa Barat atas pelanggaran Norma Kerja di lingkungan kerja PT. Ayam Manggis V Kabupaten Sukabumi.

“Untuk itu, kami mendesak pihak perusahaan untuk memenuhi tuntutan apa yang menjadi hak buruh, memanggil kembali Sandi untuk bekerja pada tempat dan bagian semula serta hak sebagaimana biasanya, menghapus sistem kerja Kontrak dan buruh harian lepas di lingkungan kerja PT. Ayam Manggis V Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya. (CR-2)

Comments

comments