Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, Januari 18, 2019
Halaman Home » Bekasi Kota » Layani Masyarakat, Disdukcapil Kabupaten Bekasi Jemput Bola  
  • Follow Us!

Layani Masyarakat, Disdukcapil Kabupaten Bekasi Jemput Bola   

BERITA BEKASI – Dalam rangka memberikan kenyamanan dan mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan, jajaran Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat, terus melakukan layanan keliling perekaman KIA (Kartu Identitas Anak) dan perekaman pencetakan e-KTP serta pengurusan akta kelahiran. 

Kepada Beritaekspres.com, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, Drs. H. Alisyabana, MM mengatakan, layanan keliling terus dilakukan secara maraton di 23 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terdiri dari 168 Desa dan 7 Kelurahan.

“Masyarakat sangat antusias dengan adanya program jemput bola atau pelayanan keliling dari Disdukcapil guna mengurus dokumen kependudukan yang diperlukan. Kita melakukan pelayanan di kantor Kecamatan mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB,” terangnya, Selasa (10/4/2018).

Untuk KIA sambung Ali, bicara tentang peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA) banyak yang mempertanyakan soal pembuatan kartu ini. Sebagian diantaranya juga mempertanyakan tentang prosedur dan waktu pembuatan KIA serta manfaatnya.

Dikatakan Ali, mulai tahun 2018, seluruh Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia sudah harus melaksanakan pelayanan pembuatan KIA. “Kemendagri sedang menyiapkan beragam perangkat dalam rangka penerapan kebijakan tersebut di 50 kota secara mandiri,” ungkapnya.

Ali menjelaskan, daerah yang telah menerapkan KIA antara lain Malang, Depok, Pangkal Pinang, Makassar dan Kabupaten Bantul. Permendagri yang diterbitkan berskala nasional. “Dengan begitu, semua anak di Indonesia mesti dibuatkan KIA oleh orang tuanya masing-masing,” jelasnya.

Masih kata Ali, dengan memiliki KIA bagi anak berusia 13 tahun, setidaknya sudah beranjak di SLTP dapat memiliki tabungan pribadi.

Bila disekolah tambah Ali, anak ingin memiliki tabungan mesti menggunakan KTP orang tua, dengan memiliki KIA dapat langsung memenuhi persyaratan membuat rekening tabungan.

“Jadi bisa bermanfaat buat mengurus apa-apalah. Kan, disamping kartu pelajar dia juga punya kartu identitas,” pungkasnya. (WR)

Jenis dan Syarat Penerbitan KIA

Hal mendasar yang harus dipahami, Kartu Identitas Anak terbagi menjadi 2 jenis yaitu:

1.Kartu identitas anak (KIA) untuk anak yang berusia nol sampai dengan lima tahun.

2.Kartu identitas anak (KIA) untuk anak yang berusia lima sampai dengan 17 tahun kurang satu hari.

Syarat yang harus dipenuhi dalam penerbitan Kartu Identitas Anak adalah sebagai berikut:

1.Bagi anak yang baru lahir (bayi), KIA bakal diterbitkan bersamaan dengan penerbitan akta kelahiran.

2.Bagi anak yang belum berusia lima tahun tapi belum punya KIA, harus memenuhi persyaratan berikut:

– fotokopi kutipan akta kelahiran dan menunjukkan kutipan akta kelahiran aslinya;

– KK asli orang tua/wali

– KTP asli kedua orang tuanya/wali

3.Bagi anak yang berusia lima tahun tapi belum punya KIA, harus memenuhi persyaratan berikut:

– Memberi fotokopi akta kelahiran dan menunjukkan akta kelahiran versi asli

– KK asli orang tua/wali

– KTP asli kedua orang tuanya/wali ditambah pas foto anak berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 lembar.

Comments

comments