Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Kamis, Desember 12, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Kemenag Harapkan Seleksi Petugas Calon Haji Profesional
  • Follow Us!

Kemenag Harapkan Seleksi Petugas Calon Haji Profesional 

BERITA SULTENG – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Donggala, Moh Djunaidin melalui Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Moh Thalib menjelaskan, tahap pendaftaran calon petugas haji 1439H/2018M yang berlangsung sejak 20 sampai 25 Maret telah selesai. Kini, pihaknya mempersiapkan tahap pertama pelaksanaan seleksi calon petugas yang menyertai jemaah calon haji.

“Tes tertulis 29 Maret telah berakhir dan saat ini memasuki pelaksanaan seleksi tahap satu calon petugas yang menyertai jemaah haji dan panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) dengan pengawasan langsung Muhammad Al Fatih, bidang penyelenggaraan haji dan umrah Kanwil Kemenag Sulteng. “Kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Moh Thalib, Kamis (29/3/2018) di Donggala.

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan keputusan Direktorat Jendral (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nomor 78 tahun 2018, tentang pedoman rekruitmen petugas haji indonesia. Kemudian berdasarkan surat kepala kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi tengah bernomor B1603 tanggal 19 Maret 2018 perihal rekruitmen petugas haji yang pelaksanaannya serentak diseluruh Indonesia, baik Provinsi, Kabupaten dan Kota.

“Kepala kantor kemenag  donggala menginstruksikan agar pelaksanaan seleksi ini sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan pada, Kamis (29/3/2018) dan kegiatannya berlangsung di Warung Hayalan Salubomba Kecamatan Banawa Tengah,” ungkap. 

Dikegiatan itu kata Moh Thalib, peserta seleksi calon petugas ditetapkan sebanyak sepuluh orang, dengan tiga kategori petugas. Diantaranya, Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) 6 orang, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) 3 orang dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1 orang. 

“Kemudian akan mendapatkan 3 peserta, dari masing masing kategori  petugas. Selanjutnya satu orang akan direkomendasikan sebagai peserta pada tahap dua yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 april 2018 oleh bidang penyelenggaraan haji dan umrah pada kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah,” jelasnya.

Diakhir acara Moh. Thalib berharap, para calon petugas dapat menjalankan peran secara baik dan profesional, sehingga kepuasan pelayanan jemaah haji dapat terealisasi baik.

“Harapan semoga pelaksanaan seleksi kali ini baik tahap 1 dan tahap 2 nantinya akan mendapatkan calon petugas yang benar-benar memahami dan menjalankan tugas dan peran dengan baik, sehingga dapat menyumbangkan  indeks kepuasan  pelayanan jemaah haji sesuai survai BPS berkisar 85 persen dan itu sesuai target Kemenag Pusat untuk tahun 1439 hijriah atau di 2018,” pungkasnya. (Rahmat Nur)

Comments

comments