Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Agustus 21, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Ketua DPR Serahkan Bantuan ke Masyarakat Kebumen
  • Follow Us!

Ketua DPR Serahkan Bantuan ke Masyarakat Kebumen 

BERITA KEBUMEN – Ketua DPR-RI Bambang Soesatyo bersama Menteri Sosial Idrus Marham menyerahkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) kepada masyarakat Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Bantuan sosial Program Keluarga Harapan diberikan kepada 74.226 penerima manfaat senilai Rp140 miliar dan bantuan sosial Beras Sejahtera diberikan kepada 118.235 keluarga senilai Rp156 miliar.

“Program Keluarga Harapan dan bantuan sosial Rastra dimaksudkan untuk membantu mengurangi beban pengeluaran keluarga, sekaligus meningkatkan investasi masa depan melalui peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan anak-anak,” ujar Bamsoet, sapaan akrabnya, ditengah-tengah masyarakat Kebumen yang menerima bantuan sosial, Selasa (27/2/2018) kemarin.

Politisi F-Golkar ini mengatakan, sebagai program bantuan bersyarat, PKH mampu membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan dan fasilitas layanan pendidikan yang tersedia di sekitar mereka.

“Manfaat PKH juga didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI,” ujar Bamsoet.

Ia menambahkan, program bantuan sosial Rastra sebagai transformasi dari beras untuk Keluarga Miskin (Raskin) mampu mengurangi kemiskinan dan diharapkan menjaga laju inflasi serta  menurunkan angka kemiskinan dan ketimpangan sosial.

“Saya pastikan Beras Sejahtera yang diberikan tidak seperti program beras raskin. Beras Sejahtera berkualitas medium dan sangat layak dikonsumsi masyarakat. Pelaksanaan proram Rastra sangat penting, karena naik turunnya angka kemiskinan dan inflasi, jauh lebih besar ditentukan komoditi makanan dibanding non makanan,” ucap Bamsoet.

Bahkan lebih jauh, Bamsoet optimis PKH dan Rastra  dalam jangka panjang bisa memutus mata rantai kemiskinan. Mengingat, DPR dan Pemerintah juga telah sepakat mempeluas jangkauan penerima PKH dan Rastra dari 6 juta menjadi 10 juta keluarga.

Bamsoet mengingatkan, hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan dalam penyaluran PKH dan bantuan sosial Rastra adalah ketepatan sasaran, tepat jumlah, dan tepat waktu bagi penerimanya.

“Saya berpesan kepada seluruh Camat dan Lurah untuk benar benar tuang penerima bansos. Karena, para Camat dan Lurah yang lebih mengetahui warganya yang berhak menerima bansos. Jangan sampai bantuan sosial ini diberikan kepada yang tidak berhak atau tidak tepat sasaran,” tegas politisi dapil Jateng itu.

Secara khusus, Bamsoet juga mengapresiasi Presiden Jokowi yang telah menggulirkan PKH dan Rastra serta membuat terobosan baru dalam penyaluran bantuan sosial dengan menggunakan sistem non tunai. Sistem ini dinilai aman dan memudahkan masyarakat. Sekaligus mendidik masyarakat agar tidak konsumtif.

“Kedua program tersebut menjadi bukti nyata keberpihakan dan kepedulian Presiden Jokowi kepada rakyat Indonesia. Sebagai upaya membangun sistem perlindungan sosial kepada saudara kita yang kurang mampu. Sehingga mereka bisa meningkatkan kualitas hidup melalui perubahan perilaku terhadap pendidikan dan kesehatan, serta mendukung tercapainya kesejahteraan sosial,” tandas Bamsoet. (Parlemen/JAY/ANN/SF)

Comments

comments