Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Kamis, Januari 23, 2020
Halaman Home » Berita Daerah » Mahasiswa UI Gelar Jalan Sehat Bersama Warga Curug Depok
  • Follow Us!

Mahasiswa UI Gelar Jalan Sehat Bersama Warga Curug Depok 

“Pencegahan dan Penanganan Hipertensi Program Profesi Ners Fakultas Ilmu Keperawatan UI”

BERITA DEPOKJalan Sehat bersama warga RW02 Curug bertema “Gerak 1000 Langkah, Stabilkan Tekanan Darah” merupakah salah satu acara dari rangkaian kegiatan pencegahan dan penanganan hipertensi dari Mahasiswa Program Profesi Ners Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (UI) yang dibuka langsung Lurah Curug, Depok, Jawa Barat, Purwadi, Minggu (25/2/2018).

Dalam kesempatan itu, Lurah Curug, Purwadi mengatakan, adanya mahasiswa yang datang langsung ke masyarakat sangat membantu mengontrol kesehatan masyarakat dan memotivasi agar lebih rajin memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan seperti Puskesmas.

“Dengan adanya praktik dari mahasiswa Profesi Ners Keperawatan UI ini diharapkan, masyarakat menjadi lebih sadar akan kesehatan. Dari yang sebelumnya jarang ke Puskesmas menjadi lebih rajin,” terangnya, Minggu (25/2/2018).

Diusia sambungnya, yang semakin lanjut, kita harus lebih memerhatikan kesehatan. Salah satu permasalahan kesehatan yang banyak terjadi di RW02 adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dengan adanya jalan sehat dengan jargon “Gerak 1000 Langkah, Stabilkan Tekanan Darah“.

“Semoga menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan, sehingga tekanan darah yang tadinya tinggi dapat terkontrol,” tandasnya.

Ratusan warga, tampak antusias mengikuti jalan sehat sejauh satu kilometer mengelilingi RW02 Curug mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lansia. Sebelum jalan sehat dimulai, mahasiswa memberikan penyuluhan kesehatan dan manfaat aktivitas fisik dalam berolah raga termasuk cara untuk menurunkan tekanan darah.

Pantauan Beritaekspres.com, sepanjang jalan sehat, warga dengan semarak menyanyikan yel-yel yang membangkitkan semangat. Setelah 30 menit berjalan, warga kembali ke titik kumpul untuk beristirahat dan bersama-sama mereview pengetahuan tentang aktivitas fisik dan olahraga yang sudah disampaikan diawal.

Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan adanya doorprize dari mahasiswa dan pihak sponsor yakni Green Lake View Water Park.

Sekedar mengetahui, Jalan Sehat merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan pencegahan dan penanganan hipertensi di RW02 Curug. Sebelumnya telah diselenggarakan berbagai kegiatan terkait penanganan hipertensi yakni Talkshow Hipertensi dan Demonstrasi Teknik Tarik Napas Dalam untuk Menurunkan Tekanan Darah (16 Februari).

Senam Hipertensi (18 Februari), Kegiatan Posyandu (20 Februari), Kegiatan Posbindu dan Demonstrasi Kompres Hangat Tengkuk untuk mengurangi nyeri tengkuk akibat hipertensi serta cek kolesterol (23 Februari), dan Jalan Sehat (25 Februari). Rangkaian kegiatan ini berfokus pada usaha mahasiswa bersama warga berikut elemennya seperti RW, RT, Kader, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Karang Taruna untuk mencegah dan mengontrol kejadian hipertensi atau tekanan darah tinggi yang terjadi di RW02.

Seluruh rangkaian kegiatan ini terselenggara sebagai bagian dari praktik profesi Ners Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia stase Keperawatan Komunitas. Terdiri dari beberapa gelombang yang ditempatkan di RW yang berbeda, masa praktik untuk gelombang dan kelompok ini sendiri adalah dari tanggal 29 Januari – 3 Maret 2018.

Minggu I (29 Januari – 4 Februari), Mahasiswa bersama warga berdiskusi tentang permasalahan kesehatan yang banyak terjadi di RW 02 dan melakukan skrining tekanan darah dan didapatkan bahwa masalah yang akan ditangani di RW 02 adalah hipertensi

Minggu II (5-11 Februari), mahasiswa melakukan pengkajian mendalam dengan angket dan melakukan pertemuan warga untuk mendiskusikan kegiatan apa yang akan diselenggarakan untuk mengurai masalah hipertensi sekaligus memilih penanggung jawab setiap kegiatan dari mahasiswa dan warga

Minggu III dan IV (11 – 25 Februari 2018) Implementasi rancangan kegiatan yang telah disusun. Minggu V (25 Februari – 3 Maret) Evaluasi kegiatan yang telah terlaksana bersama warga dan menetapkan Rencana Tindak Lanjut (RTL) (CR-1)

Comments

comments