Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, September 23, 2018
Halaman Home » Pojok Kasus » Hari Ini, Polda Metro Jaya Ancam Gusur Paksa Warga Kapuk Jakbar
  • Follow Us!

Hari Ini, Polda Metro Jaya Ancam Gusur Paksa Warga Kapuk Jakbar 

“Gagal Tahun 1995 Polri Terus Tebar Ancaman Berupaya Melakukan Penggusuran 1997, 2002 dan Terakhir 2016 Hingga Saat Ini”

BERITA JAKARTA – Kepolisian Daerah Metro Jaya berencana mau melakukan penggusuran terhadap 166 Kepala Keluarga (KK) atau 641 Jiwa warga yang tinggal secara turun – temurun yang berlokasi di RT07/RW04, Kampung Kapuk Poglar, Kelurahan Kapuk, Jakarta Barat, Kamis (8/2/2018).

Rencana penggusuran itu, ketahui, setelah adanya pemasangan spanduk dari pihak Polda Metro Jaya yang isinya meminta kepada warga kapuk untuk segera mengosongkan lahan seluas 15.900 M2 yang telah berdiri pemukiman. Polda Metro Jaya mengeklaim tanah tersebut miliknya.

Kepada Beritaekspres.com, Ketua RT setempat, Encu mengungkapkan, warga Kapuk Poglar sudah mendiami tanah sejak tahun 1970. Secara swadaya warga membangun kawasan yang semula rawa-rawa dan selama ini warga juga selalu melakukan pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB), mengurus KTP dan Kartu Keluarga (KK) serta terlibat aktif dalam setiap pemilu atau Pemilukada.

“Warga menempati lahan tersebut atas izin pemilik tanah bernama Emah Sarijah dan Epen yang secara sah memiliki Girik. Namun sejak tahun 1995 lahan yang mereka diami diklaim milik Polda Metro Jaya dan rencananya akan dibangun asrama POLRI. Gagal tahun 1995 POLRI terus menebar ancaman dan berupaya melakukan penggusuran 1997, 2002 dan terakhir 2016 hingga saat ini,” terangnya, Kamis (8/2/2018). 

Dilanjutkan Encu, untuk memuluskan rencananya mengusir warga, pihak Polda Metro Jaya terus melakukan intimidasi dan terror terhadap warga dengan cara berkali-kali mendatangkan aparat kepolisian dalam jumlah banyak, melakukan apel siaga di lokasi perkampungan, memamerkan pasukan pengendara motor dengan senjata laras panjang.

“Cara-cara seperti itu, sempat membuat warga khususnya para lansia mengalami shock hingga mengalami sakit akibat ketakutan,” tandasnya. (CR-2)

Related posts:

Bagikan..Pin on PinterestShare on FacebookPrint this pageShare on StumbleUponTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someoneShare on RedditShare on Google+

Comments

comments