Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Desember 8, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Perwakilan BI: Jelang Pilkada Waspadai Penyebaran Uang Palsu
  • Follow Us!

Perwakilan BI: Jelang Pilkada Waspadai Penyebaran Uang Palsu 

“Jelang Pilkada Kegiatan Ekonomi Meningkat BI Jateng Himbau Waspada Uang Palsu”

BERITA TEGAL – Jelang Pilkada 2018 tahun ini memicu peningkatan peredaran mata uang rupiah. Namun, hal itu juga semakin meningkatkan kerawanan akan peredaran uang palsu.

Karenanya, masyarakat diminta untuk mewaspadai perdarannya saat pelaksanaan Pilkada. Warga diminta melaporkan kepada Bank Indonesia (BI) jika menemukan adanya uang palsu.

Kepada Beritaekspres.com, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal mengatakan, dari tujuh daerah yang menyelenggarakan Pilkada di Jawa Tengah, ada dua wilayah yang berada di wilayah kerjanya yakni Kota dan Kabupaten Tegal.

Menurutnya, semakin banyak kegiatan ekonomi atau masyarakat maka jumlah uang yang beredar akan berpotensi meningkat, termasuk uang palsu.

“Karenanya, kami menghimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap peredaran uang palsu saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018,” terangnya, Rabu (31/1/2018).

Joni mengatakan, untuk mengecek keaslian alat pembayan tersebut, cara yang paling sederhana yakni lakukan yakni, dilihat, diraba, diterawang (3D).

Jika tidak tambahnya, pakai alat kaca pembesar atau lampu ultraviolet. “Jika masih ragu-ragu, langsung datang saja ke BI,” pungkasnya. (Boy Rasta)

Biro Tegal

Comments

comments