Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, November 18, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Amankan Bumi Reyog Berdzikir Bersama Pendekar PSHT
  • Follow Us!

Amankan Bumi Reyog Berdzikir Bersama Pendekar PSHT 

BERITA PONOROGO – Agenda Bumi Reyog Berdzikir yang dipusatkan di Alun-Alun Ponorogo dan diselenggarakan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Ponorogo langsung mendapat pengawalan dan pengamanan langsung jajaran Polres Ponorogo dan Kodim 0802 Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (30/12/2017).

Bumi Reyog Berdzikir dihadiri oleh Bupati Ponorogo H. Ipong Muchlissoni, Kapolres Ponorogo AKBP Suryo Sudarmadi, Dandim 0802 Ponorogo Letkol Inf Slamet Sarjianto dan Ketua MUI Ponorogo KH. Anshor M Rusdi dan beberapa Kyai Khos Ponorogo. 

Dalam deretan Kyai  Khos yang hadir antara lain KH. Anshor M Rusydi, KH. Fatchurrodji Tahntowi, KH. Imam Sayuti Farid, KH. Kholid Ridwan, KH. Husain Ali, KH. Sholikhan, KH. Muh. Ma’sum Yusuf, KH. Samsul Huda dan Kyai Khudori.

Adapun pendekar silat yang memenuhi Alun-Alun Ponorogo adalah Pengurus cabang/ranting PSHT Ponorogo dan warga tingkat II. Total peserta mencapai 25.796 orang yang berasal dari Kabupaten Ponorogo sebanyak 24.400 orang dan Luar Kabupaten Ponorogo sebanyak 1.396 Orang yaitu dari Kabupaten Wonogiri, Pacitan, Bojonegoro, Trenggalek dan Kota Blitar.

Sementara untuk acara inti Dzikir  dipimpin oleh K. H. Sholikhan Al Hafidz dan di lanjutkan do’a yang dipimpin oleh para kyai khos yang hadir.

Dalam laporannya Ketua Panitia, KH Hasyim Ashari kegiatan Bumi Reyog Berdzikir mengatakan kegiatan bertujuan untuk mempererat persaudaraaan. “Sekaligus memanjatkan doa’ agar Ponorogo dan Indonesia Bal Datun,” papar KH Hasyim Ashari.

Pihaknya menambahkan bahwa acara juga untuk mendoakan tetangga Kabupaten Ponorogo yang mendapat ujian dari Allah SWT tetap sabar. Yang lebih penting lagi menurutnya adalah berdoa’ agar kehidupan warga PSHT di Bumi Reyog diberi solusi.

Secara terpisah Anam Ardiansyah panitia yang lain juga memaparkan agar acara lancar.  “Mohon doa restunya mudah-mudahan acara lancar, aman damai,” ungkap Anam. 

Adapun kekuatan  personel yang dilibatkan 1.541 dengan rincian adalah dari Polres Ponorogo sebanyak 723 personel, Personel BKO sebanyak 437 personel dan instansi terkait sebanyak 381 personel.

Sedangkan Kapolres Ponorogo, AKBP Suryo Sudarmadi memimpin pengamanan kegiatan itu dengan mengendarai sepeda motor.

“Telah dilakukan penyekatan di perbatasan keluar masuk wilayah Kabupaten Ponorogo oleh gabungan Polres Ponorogo dan tetangga,” ujar AKBP Suryo Sudarmadi. 

Mantan Kapolres Ngawi ini menerangkan pergeseran masa dari titik pemberangkatan menuju lokasi dan kembalinya, cenderung tertib di jalan dan kondusif mematuhi aturan atau komitmen yang sudah disepakati.

“Tidak terjadi hal-hal yang menonjol, perkelahian atau pengeroyokan, penyerangan atau penghadangan, pengrusakan dan lainnya,” tandasnya.

Dia juga tidak menemukan aksi provokasi oleh kelompok atau perguruan lain. “Alhamdulilah seluruh kegiatan dilokasi berjalan lancar, kondusif, dan tertib waktu,” pungkasnya. (Muh Nurcholis)

Biro Ponorogo

Comments

comments