Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, September 20, 2019
Halaman Home » Kriminal » Bobol Data Nasabah Bank, Mantan Pemain Bola Dibekuk Polisi
  • Follow Us!

Bobol Data Nasabah Bank, Mantan Pemain Bola Dibekuk Polisi 

BERITA JAKARTA – Polisi berhasil membekuk empat Warga Negara Asing (WNA) lantaran membobol data nasabah Bank di Jakarta. Adapun pelaku asal Bulgaria berinisial LS (33), MVY (40), MIM (33) dan satu warga Kroasia, Vedran Muratovic (34) yang juga mantan pesebak bola.

Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta mengatakan, kasus itu terungkap setelah polisi mendapatkan laporan dari nasabah yang merasa uang di rekeningnya berkurang secara tak wajar. Dari hasil penyelidikan, polisi lalu menangkap Vedran dan tiga rekannya di Kawasan Jakarta Pusat.

“Kami ungkap pencurian uang dengan modus ATM palsu. Data nasabah diambil dari orang lain melalui alat pemindah data, sehingga ATM yang palsu ini dipakai untuk ambil uang,” ujarnya pada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin (18/12/2017) kemarin.

Menurutnya, para pelaku sudah beraksi selama dua bulanan ini dan sudah menggasak uang tiga ratusan juta rupiah dari rekening para korbannya. Keempatnya dijerat dengan Pasal 263 KUHP dan atau 363 KUHP dan atau Pasal 46 Jo pasal 30 dan pasal 47 Jo pasal 31 ayat (1) & (2) UU RI No. 19 thn 2016 atas perubahan UU RI No. 11 thn 2008 tentang ITE dan atau psl 3, 4 dan 5 UU RI No. 8 tahun 2010 tentang TPPU.

“Data itu diambil dari luar negeri, ada kelompok yang sediakan data dan eksekutor di Indonesia, nah kami sedang dalami yang kelompok sediakan data dengan Interpol. Usai ambil data dari luar, mereka pindah ke kartu ATM kosong ini melalui alat dan komputer, termasuk nomor pinnya,” tandasnya.

Sementara itu, Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Aris Supriyono menambahkan, Vedran pernah bermain di klub sepak bola asal Indonesia. Berdasarkan data yang dilansir situs www.transfermarkt.com Vedran juga diketahui pernah bermain di Persebaya pada tahun 2012 dan di Serawak FC pada tahun 2012 lalu. “Dia pernah main di Persiba tahun 2015,” pungkasnya. (Yon)

Comments

comments